Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami

Cara mengobati kolesterol secara alami – Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit. Pola makan yang tidak teratur dan suka makan cepat saji merupakan faktor utama penyebab kolesterol. Akan tetapi, tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi tubuh. Ada 2 kategori untuk kolesterol yaitu Lipoprotein Densitas Rendah (kolesterol jahat) dan Lipoprotein Densitas Tinggi (kolesterol baik). Kolesterol baik merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160 – 200 mg. Jika kolesterol jahat yang terlalu banyak di dalam darah maka dapat membentuk dinding pada bagian dalam pembuluh nadi dan akan menjadi gumpalan darah sehingga menyumbat arteri yang bisa memicu terjadinya serangan jantung. Cara mengobati kolesterol secara alami harus segera ditindak agar tidak memperparah gumpalan darah yang menyumbat di bagian arteri. Dengan pola makan sehat dan olah raga teratur merupakan faktor utama untuk menghindari kolesterol jahat.


Gejala-gejala yang sering di alami penderita kolesterol:
1. Mengantuk
Cepat mengantuk terutama bila kadar kolesterolnya sudah tinggi sekali. Rasa cepat mengantuk ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke otak akibat pembuluh darah yang menyempit karena adanya timbunan lemak akibat kolesterol.

2. Kesemutan 
Kadang-kadang kesemutan juga bisa karena darahnya agak kental. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan aliran darah menjadi kental sehingga oksigen menjadi berkurang.

3. Lelah
Hal ini dikarenakan ketika plak terbentuk di dinding arteri, bisa menyebabkan kondisi seperti atherosclerosis, penyakit jantung koroner dan penyakit mikrovaskuler koroner atau coronary microvascular disease (CMD). Kondisi seperti inilah yang menyebabkan badan terasa mudah lelah.

4. Sakit Kepala
Ini terjadi di karenakan kolesterol yang tinggi dalam darah sehingga memicu terjadinya penimbunan plak-plak di pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan terjadinya artherosclerosis. Kondisi ini membuat arteri akan menyempit dan membuat aliran darah ke kepala dan otak berkurang, sehingga menyebabkan rasa sakit pada kepala.

5. Pegal-pegal
Rasa berat di tengkuk hingga rasa pegal di pundak. Sebagian besar orang merasakan berat di kepala dan pegal-pegal sebagai gejala awal dari kolesterol tinggi. Gejala ini muncul diakibatkan oleh kurangnya oksigen. Gejala kolesterol tinggi yang sering biasanya berat di kepala tapi rasa sakitnya tidak tajam, hanya berat.

Berikut ini adalah beberapa tips cara mengobati kolesterol secara alami, yaitu:
1. Hindari merokok, minuman yang mengandung soda dan alkohol
2. Menghindari makanan cepat saji dan makanan ringan seperti snack
3. Mengurangi konsumsi makanan dan daging yang mengandung banyak lemak
4. Berolah raga secara teratur minimal 30 menit setiap hari, agar terjadi pembakaran lemak dan kalori yang berlebih
5. Memperbanyak konsumsi  sayuran dan makanan yang mengandung fitosterol, karena fitosterol dapat menghambat penyerapan kolesterol pada usus
Beberapa pilihan makanan yang membantu menurunkan kolesterol jahat adalah jus lemon, jus anggur, susu kedelai, jus yang menggunakan bawang putih, oats, gandum, buncis, wortel, alpukat, kacang tanah, beras merah., brokoli, kembang kol. Bahan-bahan tersebut merupakan makanan yang berserat tinggi yang bisa menghambat dan menurunkan kolesterol.

Itulah beberapa tips dan cara mengobati kolesterol secara alami di atas, semoga bermanfaat buat semua dan lekas sembuh. Aamiin.

Cara Mengobati Kolesterol Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment