Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Cara mengobati batuk berdahak secara alami - Batuk berdahak disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak. Batuk berdahak sangat mengganggu keseharian kita dan tentu saja orang lain yang berada dekat dengan penderita batuk juga sangat terganggu. Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar anda bisa menjalani aktifitas sehari-hari seperti biasanya. Sebenarnya ada beberapa obat batuk berdahak yang sudah tersedia di toko obat farmasi, tetapi alangkah baiknya kita mengobati secara alami dan tradisional saja, karena efek samping tidak berbahaya daripada obat-obatan yang tersedia ditoko farmasi yang mengandung banyak kimia.


Cara mengobati batuk berdahak secara alami di antaranya, yaitu:
1. Menggunakan Jahe
Sebagaimana diketahui bahwa jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris Jahe dan Kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.

2. Menggunakan Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Perasaan air jeruk nipis dicampur dengan madu dan air matang. 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok makan air matang ditim selama 30 menit. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali. Obat batuk tradisional lainnya yang terbuat dari jeruk nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, air jeruk nipis hanya dicampur dengan kecap dan diminum sehari 2 kali sebanyak satu sendok teh.

3. Menggunakan Belimbing Wuluh
Tidak seperti belimbing jenis lainnya, belimbing wuluh memiliki rasa asam yang sangat kecut. Anda bisa mencampurkannya dengan air kencur dan madu untuk membuat ramuan penghilang batuk berdahak.

4. Menggunakan Lemon
Campuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Anda dapat mencampur 1 sendok teh madu, 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali.

5. Menggunakan Kemangi
Buat ramuan dengan menggunakan kemangi. Daun beraroma khas itu dapat mengatasi beberapa penyakit, termasuk batuk. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk lekas hilang.

6. Menggunakan Kunyit
Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

7. Menggunakan Madu dan Lada Putih
Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.

8. Jahe, Kunyit dan Jeruk Nipis
Anda juga bisa mengkombinasikan bahan-bahan tersebut. Caranya parut jahe dan kunyit lalu campurkan dengan sedikit air dan saring untuk menghasilkan air jahe atau kunyit. Peras 1 buah jeruk nipis dan saring ke dalam gelas, lalu campurkan 2 sendok makan air jahe dan kunyit, serta 1 sendok madu asli. Minum ramuan tersebut setiap hari.

Itulah cara mengobati batuk berdahak secara alami, anda bisa mencoba salah satu cara seperti di atas. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dhanie Bassroin

0 comments:

Post a Comment