Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Insomnia Secara Alami

Cara mengobati insomnia secara alami – Insomnia adalah kelainan dalam tidur berupa susah tidur di malam hari dalam jam tertentu. Bila insomnianya terjadi tengah malam antara pukul 21.00 - 22.00 bisa tidur mudah tapi antara pukul 24.00 - 02.00 terbangun dan tidak bisa tidur lagi, dikatakan sebagai gangguan jiwa yang lumayan berat. Bila terbangun di pagi buta antara pukul 03.00 - 04.00 kemudian tidak bisa tidur kembali, biasanya itu berkaitan dengan gangguan depresi berat. Selain faktor depresi, insomnia bisa juga akibat pengaruh minuman keras atau minuman yang banyak mengandung kafein, penggunaan obat tidur atau penenang dalam waktu lama, obat penurun tekanan darah tinggi golongan beta-blocker (seperti atenadol, madolol, dan propanodol). Mengatasi insomnia atau susah tidur tidak perlu ke dokter apalagi memakai obat tidur, karena efek samping bisa berbahaya dan malah bisa lebih memperparah. Insomnia bisa disembuhkan dengan cara alami, tanpa efek samping dan lebih aman. 

 
Cara mengobati insomnia secara alami menggunakan bahan tradisional diantaranya, yaitu:
1. Menggunakan Daun Putri Malu

Daun putri malu segar, kira-kira segenggam (25 - 50 g) direbus dengan air 1 liter sehingga tinggal 1/2-nya. Campurkan madu secukupnya. Ramuan itu untuk diminum dua kali.

2. Menggunakan Biji Adas
Biji adas 3/4 sendok dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus, setelah itu seduh dengan air 1/2 gelas, campur dengan sesendok makan madu, aduk dan minum hangat-hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari silakan minum 1 - 2 kali.

3. Menggunakan Bunga Pala Kering
Bunga pala kering sebanyak 1/2 sampai 1 sendok the lalu diseduh air panas 1/2 gelas. Setelah itu campurkan madu secukupnya, aduk, lalu minum hangat-hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari boleh minum 1 - 2 kali.

4. Menggunakan Biji Pala Kering
Biji pala kering dengan ukuran 1/4 sampai 3/4 nya (2 - 4 g) ditumbuk halus lalu seduh dengan air panas 1/2 gelas, campurkan madu secukupnya. Aduk dan minum selagi hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari silakan minum 1 sampai 2 kali.

5. Menggunakan Buah Pala Segar
Satu buah pala segar (kira-kira 20 g) dikupas kulitnya, dicuci lalu diparut. Setelah itu hasilnya diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan campurkan madu satu sendok makan, aduk, lalu diminum saat masih hangat. Ramuan tadi untuk sekali minum dan sehari bisa minum 1 sampai 2 kali.

Selain menggunakan ramuan, anda yang terkena insomnia juga harus menerapkan beberapa cara mengobati insomnia di bawah ini, diantaranya yaitu:
1. Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik.

2. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas Anda di siang hari
Dengan lebih aktif di siang hari, Anda akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik seperti olah raga di Gym. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istirahat.

3. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, terutama menjelang malam. Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkannya terlelap. Kenyataannya, Anda justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.

4. Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur
Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.

5. Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang
Itu dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Banyak yang terbantu untuk mengatasi insomnia dengan cara ini.

Itulah beberapa tips cara mengatasi dan cara mengobati insomnia secara alami. Lakukan sesuai dengan cara diatas, dijamin anda akan sembuh dari penyakit insomnia. Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Insomnia Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment