Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Reumatik Secara Alami

Cara mengobati reumatik secara alami – Reumatik dalam istilah kedokteran yaitu rheumaticos atau rheumatismos merupakan penyakit yang menyerang anggota gerak, yaitu sendi, otot, tulang dan jaringan sekitar sendi. Keluhan yang sering muncul adalah nyeri, kaku, bengkak sampai keterbatasan gerak tubuh. Nyeri pada reumatik hampir sama pada saat keseleo. Namun, pada reumatik disertai peradangan pada persendian dan kulit terlihat memerah akibat munculnya peradangan. Biasanya reumatik akan semakin parah apabila terkena udara dingin. Juga kebiasaan aktifitas yang tidak teratur dapat melukai energi di dalam darah. Hal tersebut disebabkan karena bekerja dalam lingkungan yang lembab, memakai baju basah berkeringat atau basah kehujanan yang menyebabkan masuknya penyebab penyakit dari luar seperti : angin, lembab, dan udara dingin ke dalam tubuh, yang akibatnya terjadi penyumbatan energi dalam tubuh.


Ada beberapa cara mengobati reumatik secara alami.

1. Dengan Kulit Manggis
Bagi yang selepas makan manggis, kulitnya jangan dulu di buang.  Karena bisa di jadikan obat tradisional. Kulit manggis yang bewarna keungu-unguan di iris kecil-kecil dan tipis. Kemudian jemur di bawah terik sinar matahari. Kemudian, campurkan kulit manggis tersebut ke dalam segelas air. Tunggu hingga warna air berubah, dan minumlah airnya. Pastikan kulit manggisnya sudah benar benar bersih kalau kamu mau menelannya

2. Suhu Air saat mandi
Bagi yang sudah terkena reumatik, suhu air saat mandi memang mempengaruhi. Mandi di malam hari tentu suhunya lebih dingin. Air yang dingin juga dapat menyebabkan rematik anda kambuh. Jika anda terpaksa mandi dimalam hari, pastikan air mandi di campur dengan air panas agar menjadi hangat.

3. Dengan Campuran Jahe dan Cengkeh
Campuran jahe dan cengkeh yang telah di tumbuk halus dapat digunakan untuk obat luar. Cukup oleskan ke area persendian yang terasa nyeri secara rutin setiap hari. Tentu akan mengurangi sedikit demi sedikit rasa sakit anda.

4. Dengan Terapi Penguapanan
Rendamkan kaki beberapa saat pada bak atau ember yang berisi air hangat. Jika badan sudah mulai terasa hangat. Letakkan kompres dingin di kepala. Setelah beberapa menit, minumlah air hangat satu gelas, dan segeralah berbaring sekitar 30 menit.

5. Dengan Brotowali (akar aliali)
Siapkan 15-20 batang Brotowali kering atau 20-25 cm irisan batang brotowali, lalu rebus dengan 3 gelas air dalam kuali tanah hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tinggal seperuh bagian. Dinginkan, lalu saring rebusan yang barusan anda buat tadi. Minum ramuan tadi 3 kali sehari masing-masing 1 gelas (1 jam sebelum makan). Lakukan pengobatan menggunakan ramuan ini hingga berangsur-angsur sembuh.

6. Dengan Singkong dan Jahe
Untuk mengobati rematik, pengobatan dengan singkong bisa dari dalam maupun luar. Pada pemakaian luar, gunakan daun singkong lima lembar ditambah 15 gram jahe. Lalu ditumbuk dan oleskan pada bagian yang sakit di tubuh.
Untuk pengobatan dari dalam, gunakan 100 gram batang singkong, serai, garam, jahe 15 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 1000cc air hingga menjadi 400 cc, saring air hasil perebusan tadi dan minum sebanyak 200cc sekali dalam sehari. Lakukan hal ini selama dua hari berturut-turut.

7. Dengan Seledri
Dengan menggunakan biji seledri, siapkan biji seledri 1,3 – 3,9 gram lalu rebus dengan api kecil selama kurang lebih 3 jam, setelah itu air rebusannya diminum. Atau bisa juga dengan 1 tangkai daun seledri yang sudah dicuci bersih sebagai lalapan tiap kali makan.

Cara mengobati reumatik secara alami diatas sangat efektif dan bisa menyembuhkan, jika dilakukan dengan benar dan rutin. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Cara Mengobati Reumatik Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment