Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Asma Secara Tradisional

Cara mengobati asma secara tradisional - Penyakit Asma atau dalam istilah kedokteran disebut juga ‘Asthma’ adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga saluran pernafasan sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir. Pemicu penyakit ini adalah berupa kelelahan pikiran, kelelahan jasmani, perubahan iklim yang tidak menentu seperti cuaca, kelembaban, temperatur, asap, terutama asap yang ditimbulkan rokok juga bau-bauan yang merangsang atau menusuk hidung. Gejala asma memberi indikasi bahwa serangan asma sedang terjadi seperti napas berat yang berbunyi “ngik-ngik”, batuk-batuk, napas pendek tersengal-sengal, sesak dada. Jika terjadi gejala seperti itu sebaiknya langsung diberi pengobatan agar tidak terjadi hal yang lebih buruk.


Cara mengobati asma secara tradisional dapat dilakukan sebagai berikut.
1.Menggunakan Bawang Putih dan Madu

Siapkan 5 siung bawang putih dan 1 sendok makan madu asli, caranya: bawang putih yang sudah anda siapkan diiris kecil-kecil lalu direbus dengan air sebanyak 1 gelas, dan biarkan menjadi setengah gelas air. Kemudian masukan madu kedalam ramuan tersebut, lalu aduk hingga rata. Setelah ramuan jadi, langsung diminum sekaligus. Buatlah cara seperti itu tiap pagi dan sore hari Lakukan berturut-turut selama satu minggu.

2.Menggunakan Daun Seledri, Daun Randu, Garam dan Gula Aren
Siapkan bahan daun seledri 3 tangkai, daun randu 9 lembar, garam dan gula aren secukupnya. Semua bahan ditumbuk halus menjadi satu, kemudian masukkan ke dalam gelas, tambahkan air ½ gelar, aduk rata. Diminum setiap pagi, lakukan ini minimal 3 hari.

3,Menggunakan Rempah-Rempah
Siapkan bahan 25 gram temulawak, 10 gram jahe, 10 daun jinten, 10 daun tanjung, 15 gram gula aren, 5 gram kayu manis. Caranya: Semua bahan yang telah dipersiapkan ditumbuk halus dan direbus menjadi satu dengan 1 liter air, dan biarkan hingga menjadi ½  liter. Setelah jadi, ramuan tersebut diminum 3 kali sehari dan setiap minum sebanyak 2 gelas sloki. Lakukan secara rutin dan teratur sampai sembuh.

4.Menggunakan Kencur, Madu, Telur Ayam dan Jeruk Nipis
Siapkan bahan kencur secukupnya, 2 sendok makan madu asli, 1 butir telur ayam, 1 buah jeruk nipis. Caranya: kencur dicuci bersih, lalu diparut dan diperas. Hasil perasan tersebut di campur dengan telur ayam lalu dikocok hingga rata. Setelah jadi, minum ramuan tersebut dengan dicampur madu dan air hasil perasan jeruk nipis. Diminum setiap sore atau malam hari sebelum tidur dengan rutin dan teratur.

5.Menggunakan Daun Kemangi dan Minyak Tanah
Siapkan beberapa daun kemangi dan minyak tanah secukupnya. Setelah itu remas daun kemangi lalu campurkan dengan 1 sendok makan minyak tanah. Oleskan ramuan tadi ke dada dan punggung anda. Tunggu beberapa menit, cara ini bisa digunakan saat akan tidur. Lakukan secara rutin supaya asmanya sembuh.

6.Menggunakan Jahe
Jahe juga sangat baik untuk asma. Jahe bisa menghentikan inflamasi atau peradangan.
Asma terjadi karena adanya peradangan pada saluran pernapasan. Ketika dicampur dengan bahan tertentu, jahe juga bisa bertindak sebagai ekspektoran. Ekspektoraan akan membantu menyingkirkan lendir dari sistem pernafasan.
Berikut adalah beberapa ramuan jahe untuk asma:
1. Satu sendok teh jahe dengan satu cangkir ramuan fenugreek diminum sekali sehari.
2. Jus jahe segar (jahe tumbuk) dicampur dengan madu diminum sehari sekali.
3. Sediakan setengah sendok teh jahe segar, satu sendok teh biji jinten, sejumput pala, dan segelas air. Campurkan semua bahan tersebut dan didihkan. Minum ramuan selagi hangat.

Itulah beberapa cara mengobati asma secara tradisional yang ada di atas. Juga perlu diketahui untuk pengidap asma, agar menjauhi faktor-faktor penyebab yang memicu timbulnya serangan asma itu sendiri. Setiap penderita umumnya memiliki ciri khas tersendiri terhadap hal-hal yang menjadi pemicu serangan asmanya. Bagi anda penderita asma akan lebih baik jika menjaga supaya tubuh anda tetap hangat dan hindarilah asap rokok dan radikal bebas. Hindari cuaca yang ekstrim dan bersuhu dingin. Semoga bermanfaat bagi semua.

Cara Mengobati Asma Secara Tradisional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment