Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami – Hidung tersumbat atau istilah kedokterannya Nasal Congestion’ adalah penyumbatan saluran hidung akibat peradangan pada lapisan hidung. Peradangan ini terutama disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di hidung dan kelebihan produksi lendir. Hidung tersumbat dapat menyebabkan nyeri wajah, sakit kepala, kesulitan bernapas, dan ketidaknyamanan umum. Hidung tersumbat memang sangat menyiksa apalagi ketika kita tidur dimalam hari, karna kita hanya bisa bernafas melalui satu lubang hidung saja. Hidung tersumbat bisa disebabkan karena alergi atau sedang menderita pilek, bila sudah begitu penderita sulit bernafas karena sinusnya terganggu. Sinus sendiri adalah rongga pada tulang disekitar hidung. Dalam rongga tadi menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung, bila ada gangguan pada rongga tersebut maka terjadi penumpukan lendir di rongga sinus. Akibatnya penderita akan sulit bernafas melalui hidung.


Cara mengobati hidung tersumbat secara alami diantaranya, adalah:
1. Bantal Tinggi

Saat hidung tersumbat, coba tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada dada. Kalau perlu gunakan dua bantal. Usahakan posisi tengadah, jangan miring. Posisi ini akan mengurangi pembentukan lendir.

2. Makanan Pedas
Mengonsumsi makanan pedas saat hidung tersumbat memang membantu. Kandungan capsaicin dalam sejumlah produk pedas seperti merica atau cabe membantu mengencerkan lendir dan membersihkan rongga hidung.

3. Minuman Panas
Buat secangkir teh atau kopi panas. Sebelum meminumnya, dekatkan cangkir ke arah hidung, dan hirup uapnya. Cara ini cukup efektif mengencerkan lendir penyumbat rongga hidung, tanpa memunculkan risiko iritasi.

4. Uap Rempah
Selain minuman, Anda juga bisa membuat racikan rempah di air hangat untuk penguapan atau steam. Campur air hangat dengan ramuan rempah yang melegakan hidung seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe, di baskom. Dekatkan wajah sambil menutup area sekitar dengan handuk kering. Cara tradisional ini cukup diandalkan mengatasi hidung tersumbat.

5. Bawang
Di pasaran, memang ada alat hirup khusus hidung tersumbat yang meruapkan aroma balsam. Tak perlu mengeluarkan uang membelinya, alat ini bisa diganti dengan herbal alami. Cukup iris bawang lalu menciumnya di dekat hidung selama sekitar lima menit. Aroma bawang akan bertindak sebagai katalis untuk mengencerkan lendir.

6. Minyak dan Suplemen Kayu Putih
Minyak dan suplemen kayu putih adalah cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat, caranya dengan menghirup obat batuk berbahan dasar kayu putih. Ketika obat ini dihirup, maka sinus akan terbuka. Produk suplemen berbahan dasar kayu putih juga efektif. Kapsul kecil yang mengandung ekstrak kayu putih dapat membersihkan hidung tersumbat. Produk ini baik untuk mengatasi gangguan hidung mampet yang lebih parah.

7. Menthol
Peppermint mengandung mentol, dan ketika minum teh peppermint, mentol didalam teh akan menyebar sampai ke dalam sinus dan membantu untuk melebarkan sinus. Peppermint tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan baik.

8. Larutan Air Garam
Mengaliri sinus menggunakan larutan air garam encer seringkali efektif dalam mengatasi sinus mampet. Sebuah wadah kecil serupa seperti teko mini yang disebut 'neti pot' biasa digunakan untuk mengalirkan larutan garam tadi ke hidung. Banyak orang yang telah mencobanya, dan hasilnya cukup memuaskan untuk meredakan hidung tersumbat.

9. Minuman Jeruk Hangat
Cara terbaik untuk mencegah hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga membantu Anda menjaga kekebalan tubuh. Apalagi jika ditambahi dengan madu.

10. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat bisa membantu mengatasi masalah hidung tersumbat. Uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya.

Itulah beberapa cara mengobati hidung tersumbat secara alami, lakukan salah satu cara di atas dengan benar. Dan hindari terlebih dahulu penyebab-penyebab alergi terhadap lingkungan seperti berdebu, ragi dan jamur karena dapat menyebabkan gangguan pada Sinus (rongga pada tulang disekitar hidung) yang akan menjadi hidung tersumbat. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

  1. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    ReplyDelete