Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Cara mengobati keputihan secara alami - Keputihan adalah penyakit kelamin pada perempuan (miss V) di mana terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau putih kekelabuan baik encer maupun kental, berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan rasa gatal. Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Keputihan menjadi momok yang cukup menakutkan bagi banyak kaum wanita. Karena keputihan hampir dialami oleh banyak wanita di seluruh dunia. Keputihan dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman bagi wanita, selain menganggu aktivitas sehari-hari juga berdampak buruk pada terganggunya hubungan seksual dengan pasangan suami istri. Sebelum lebih jauh membahas tentang cara mengobati keputihan, alangkah baiknya kita membahas sekilas tentang penyakit keputihan yang di derita oleh kaum hawa.


Para wanita jangan menganggap remeh penyakit ini, karena jika tidak di tindak langsung akan berakibat fatal yang bisa menyebabkan kemandulan dan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian.
Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan Fisiologis dan keputihan Patologis:
1. Keputihan Fisiologis
Keadaan normal, organ miss V memproduksi cairan yang berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna dan jumlah tidak berlebihan. Cairan ini berfungsi sebagai sistem perlindungan alami, mengurangi gesekan di dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual. Jenis keputihan ini biasanya sering terjadi sebelum menstruasi, sesudah menstruasi dan saat masa subur. Biasanya saat kondisi-kondisi tersebut sering terdapat lendir yang berlebih, itu adalah hal normal, dan biasanya tidak menyebabkan rasa gatal serta tidak berbau. Keputihan fisiologis pada wanita hamil tidak berpengaruh terhadap janin secara langsung, karena adanya selaput ketuban yang dapat melindungi janin.Keputihan normal atau disebut Keputihan fisiologis memiliki ciri-ciri :
- Cairan yang keluar tidak berbau
- Tidak menyebabkan gatal
- Cairan keputihannya encer
- Cairan yang keluar berwarna krem atau bening
- Jumlah cairan yang keluar tidak terlalu banyak

2. Keputihan Patologis
Keputihan patologis dapat menyebabkan berbagai efek sangat mengganggu bagi kesehatan wanita pada umumnya dan khususnya kesehatan daerah kewanitaan. Keputihan tidak normal atau patologis saat hamil juga dapat mempengaruhi kesehatan janin. Berikut ini adalah ciri-ciri keputihan patologis :
- Keputihan patologis menyebabkan rasa gatal
- Cairannya bersifat kental
- Cairan yang keluar memiliki warna putih seperti susu, atau berwarna kuning atau juga hijau
- Cairan yang keluar memiliki bau yang tidak sedap
- Biasanya menyisakan bercak-bercak yang telihat pada celana dalam wanita
- Jumlah cairan yang keluar sangat banyak.

Cara mengobati keputihan secara alami di antaranya, yaitu:
1. Menggunakan Lidah Buaya (Aloe Vera)
Ambil satu tangkai daun lidah buaya ukuran sedang, kupas kulitnya. 
Potong-potong daging daun lidah buaya, kemudian diblender. 
Masukkan dalam panci (kalau bisa berbahan tembikar), tambahkan segenggam daun sambiloto dan 3 – 5 lembar daun sirih, dan 2 gelas air. 
Rebus hingga mendidih, matikan kompor, tunggu hingga hangat. 
Gunakan air rebusan untuk membasuh vagina, 2 kali sehari.

2. Menggunakan Daun Sirih
Adapun cara yang tepat yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panci dan merebusnya, sesudah direbus dinginkan air rebusan tadi dan basuhkan ke seluruh organ bagian kewanitaan. Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol yang memiliki kegunaan mematikan kuman, kandungan antioksidan dan anti jamur. Maka tak heran nenek moyang terdahulu menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan.

3. Mengkonsumsi Bawang Putih
Selain terkenal dengan bumbu masak. Saat ini bawang putih tidak saja dikenal bahan penyedap akan tetapi mempunyai khasiat kesehatan . Bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti kulat, dan anti virus memungkinkan mereka untuk menghambat perkembangan bakteri, kulat (jamur), dan virus. Penelitian menunjukan bahwa bawang putih memiliiki kekuatan antibakteri. Meningkatkan konsumsi bawang putih akan membantu anda mengatasi keputihan.

4. Menggunakan Daun Sambiloto
Ambil 3 batang sambiloto lalu dicuci sampai bersih lalu dipotong-potong. Kemudian masukkan potongan-potongan tadi ke dalam wadah dan beri empat gelas air dan direbus hingga tersisa dua gelas. lalu saring setelah airnya dingin. Diminum tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas setiap kali minum. Jika perlu ditambahkan madu secukupnya.

Tips-tips cara mengatasi keputihan:
- Membersihkan area miss V dari arah depan ke belakang untuk menghindari masuknya bakteri dan kuman dari daerah belakang
- Sebaiknya keringkan area Miss V setelah buang air kecil atau buang air besar menggunakan handuk atau tissu bersih (tidak berparfum).
- Kurangi konsumsi gula dan alkohol karena dapat meningkatkan jamur candida penyebab keputihan.
- Sering ganti pembalut saat anda dalam masa menstruasi, ganti pembalut sesering mungkin, jangan menunggu terasa penuh. Maksimal 3 jam sekali, bahkan di saat cairan menstruasi anda tidak banyak.
- Hindari penggunaan celana ketat karena dapat menyebabkan area tersebut lembab dan dapat menumbuhkan bakteri. Sebaiknya gunakan pakian dalam dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan mudah.
- Konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi yang lengkap dan hindari konusmsi buah yang menyebabkan keputihan seperti nanas, dan mentimun.
- Jangan menggunakan pembalut atau pantyliner yang berbau wangi, karena dapat menyebabkan iritasi pada miss V.

Itulah beberapa tips mengatasi dan cara mengobati keputihan secara alami. Sebelum anda menjatuhkan pilihan untuk berobat secara alami, ada baiknya jika anda memeriksakan terlebih dahulu jenis keputihan yang anda alami, jika jenis keputihan yang anda derita tak kunjung sembuh, sebaiknya anda berobat ke dokter ahli. Dengan memeriksakan jenis keputihan, anda akan mengetahui jenisnya, sehingga akan mudah menentukan obatnya. Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment