Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Penyakit Vertigo Secara Alami

Cara mengobati penyakit vertigo secara alami – Vertigo atau yang disebut juga dizziness, giddiness dan lightheadedness adalah sejenis penyakit seperti sakit kepala, namun penderita vertigo ini seolah-olah bergerak atau berputar dengan disertai rasa mual serta menjadi hilang keseimbangan. Biasanya penyakit vertigo dapat berlangsung beberapa saat atau bisa berlanjut berjam-jam bahkan sampai berhari-hari. Penderita vertigo merasa lebih baik jika berbaring diam, namun demikian serangan vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali sampai terasa pusing. Perasaan pusing ini selain disertai rasa berputar kadang-kadang disertai mual dan muntah. Bila gangguan ini berat, penderita bahkan tak mampu berdiri atau bahkan terjatuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan. Berdasarkan penelitian para ahli, vertigo berawal dari suatu gangguan syaraf, penyakit dalam atau masalah seputar THT (telinga, hidung dan tenggorokan). Organ inilah yang memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak.


Gejala-gejala vertigo diantarannya, yaitu:
1. Pusing
2. Mual
3. Keringat dingin
4. Pucat
5. Kepala terasa ringan
6. Muntah
7. Hilang keseimbangan waktu berdiri atau berjalan

Penyebab vertigo dapat disebabkan oleh beberapa faktor  diantaranya, yaitu:
1. Karena pemakaian obat-obatan
2. Keadaan lingkungan
3. Kelainan telinga
4. Kelainan sirkulasi organ di tubuh

Ada beberapa cara mengobati penyakit vertigo secara alami yaitu menggunakan bahan-bahan tradisional diantaranya, yaitu:
1. Menggunakan kayu manis
Ramuan pertama: siapkan bahan 1 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung dan 30 gram daun seledri. Cuci bersih semua bahan dan rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc. airnya disaring dan di minum selagi hangat. Lakukan cara ini sehari sekali secara rutin sampai sembuh.
Ramuan kedua: siapkan bahan 1 ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh dan 4 lembar daun sosor bebek. Rebuslah ramuan tersebut dengan 600 cc hingga airnya tersisa 300 cc. setelah itu, air rebusan disaring dan minumlah selagi ramuan masih hangat.

2. Menggunakan Jahe
Membuat ramuannya sama persis dengan membuat wedang jahe. Caranya iris beberapa jahe serta parutan gula merah secukupnya, lalu campurkan atau seduh dengan air panas. Minumlah ramuannya selagi masih hangat, dan lakukan secara teratur. Jahe, dengan senyawa sogaol dan diterpena dialdehida yang terkandung didalamnya sangat efektif menghambat rasa nyeri atau mual akibat migraine atau vertigo di kepala anda.

3. Menggunakan Daun Sirsak
Kemampuan daun sirsak sebagai cara mengobati penyakit vertigo secara alami memiliki antiinflamasi, antitumorous, antiparasit, insektisida dan antimikroba, terbukti efektif atasi vertigo. Selain itu daun sirsak juga berperan sebagai antidepresi, dalam daun sirsak terdapat kandungan alkolid. Alkolid bertanggung jawab menghambat pengambilan serotonin dalam otak, yang mengendalikan suasana hati dan emosi, seperti kebahagiaan dan kesedihan. Di dalam masyarakat amerika selatan dan karibia menggunakan campuran daun, batang dan akar sirsak sebagai obat penenang. Cara meracik ramuannya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun sirsak segar, lalu cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa satu gelas, setelah itu minum ramuannya selagi masih hangat. Anda juga boleh mencampurnya dengan madu asli secukupnya. Lakukan 2 kali sehari secara teratur sampai sembuh.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita vertigo, yaitu:
1. Minuman es dan alkohol
2. Buah-buahan seperti pete, jengkol, durian, nangka
3. Telur asin dan telur ayam
4. Nasi campur seperti nasi uduk, nasi ulam, nasi kebuli
5. Semua jenis daging (kecuali ikan air tawar)
6. Santan kental

Itulah beberapa cara mengobati penyakit vertigo secara alami dan beberapa tips mencegah vertigo. Memang cara menyembuhkan terlihat rumit, maka dari itu anda juga harus bisa menjaga tubuh anda agar selalu sehat dengan berolah raga teratur. Dan jangan lupa untuk penderita vertigo jangan sering tidur terlalu malam, biasakan tidur normal. Semoga penderita vertigo cepat sembuh dan artikel ini bermanfaat.

Cara Mengobati Penyakit Vertigo Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment