Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami – Sariawan atau dalam istilah kedokteran dinamakan penyakit Stomatitis, yaitu pembengkakan atau peradangan yang terjadi di daerah sekitar mulut dan lidah. Penyakit sariawan memang bukan penyakit mematikan seperti kanker dan jantung, tapi jika sariawan tidak cepat di obati maka akan sangat menganggu aktifitas kita seperti berbicara atau memakan sesuatu. Sariawan dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti kurang vitamin C, bakteri, jamur, alergi makanan dan kebersihan mulut yang tidak terjaga. Penyakit ini sering datang dan mengambuhi orang pada segala usia. Tak heran, orang yang menderita sariawan akan turun produktifitasnya karena kurangnya nafsu makan, tidak semangat dan lesu karena merasakan sakit.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara mengobati sariawan secara alami dapat dilakukan sendiri dengan cara dibawah ini.
1. Jambu Air
Ambil kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang masih muda), cuci dan tumbuk halus
tambah 1/2 gelas air matang, lalu saring. Setelah itu gunakan air saringan tersebut untuk kumur.

2.Daun Jambu Biji
Ambil beberapa lembar daun jambu biji muda, dan kunyah beberapa menit, lalu berkumur.

3. Air Kelapa
Ambil air kelapa, jika ada air kelapa hijau. Gunakan untuk berkumur dan juga bisa ditelan. Selain menghidrasi tubuh dan ini juga baik untuk menyembuhkan sariawan.

4. Kopi Bubuk
Ambil sedikit bubuk kopi kemudian oleskan pada bagian yang sariawan, biarkan beberapa menit, kemudian kumurlah dengan air bersih. Lakukan secara rutin selama 2 – 3 hari.

5. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan
luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

6. Minum yogurt
Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

7. Bilas mulut dengan obat tradisional
Bilas mulut dengan salah satu dari beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji
anggur, peroksida hidrogen, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.

8. Oleskan Luka dengan Bawang dan Pepaya
Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

9. Tomat
Makan tomat mentah merupakan obat untuk mengatasi sariawan. Atau bisa juga dengan kumur menggunakan jus tomat. Kandungan vitamin C di tomat sangat tinggi.

10. Daun Kemangi dan Kunyit
Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi dan air minum. Cara ini efektif untuk meredakan nyeri
sariawan dan segera menyembuhkan. Bisa juga mengoleskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit dicampur dengan satu sendok teh gliserin. Oleskan pasta ini dibagian luka.

11. Baking Soda dan Garam
Campur baking soda dengan garam dengan menambahkan sedikit air, setelah itu oleskan pada luka sariawan dan biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air minum. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

Minumlah vitamin yang diperlukan tubuh. Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan. Cegahlah sariawan dengan makanan yang di butuhkan oleh tubuh, terutama makanan yang mengandung kaya akan zat besi seperti daging sapi, bayam, kacang merah, nasi putih.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment