Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara mengobati asam urat secara alami - asam urat (gout) adalah penyakit yang menyerang sendi dan tendon akibat timbunan kristal urat. Timbunan kristal urat tersebut disebabkan deposit asam urat yang lama-kelamaan membentuk kristal pada sendi atau tendon yang terkena sehingga mengakibatkan peradangan. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya nyeri berulang di persendian. Rasa nyeri itu muncul akibat adanya endapan kristal monosodium urat sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat dalam darah. Gejala lain ketika seseorang mengalami asam urat yaitu kesemutan dan linu, nyeri terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur, sandi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi. Umumnya orang yang berusia 35 tahun ke atas rawan terkena penyakit ini.


 Cara mengobati asam urat secara alami diantaranya, yaitu:
1. Menggunakan Jahe Merah
Jahe merah atau herbal anti peradangan. Jahe merah bisa meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan. Selain itu, jahe merah juga membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

2. Menggunakan Teh Hijau
Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai anti oksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Dilansir Majalahkesehatan.com, riset yang dilakukan oleh University of Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah memproduksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat.

3. Menggunakan Daun Salam
Daun salam cara tradisional lain yaitu menggunakan daun salam. Anda bisa merebus 7 lembar daun salam dan dicampur dengan 2 gelas air. Rebus hingga menjadi 1 gelas dan bisa Anda minum pada pagi dan sore hari.

4. Menggunakan Cuka Apel dan Madu
Anda juga bisa menggunakan cuka apel yang sudah jadi dan dicampur dengan madu. Campurkan dua sendok makan cuka apel dan satu sendok makan madu. Campurkan kedua bahan tersebut dengan menggunakan air hangat dan Anda bisa meminumnya selama 1 minggu.

5. Menggunakan Buah Sirsak
sirsak juga bisa mengatasi asam urat. Anda bisa memakannya langsung atau dijus. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari untuk mengatasi asam urat yang dialami.

Ada banyak cara mengobati asam urat secara alami, salah satunya dengan memasukkan makanan sehat dalam menu harian anda. Pastikan anda memilih makanan rendah purin karena dapat membantu anda menurunkan asam urat dalam tubuh diantaranya, yaitu:
1. Makanan kaya vitamin C
Makanan kaya vitamin C dapat mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.

2. Buah Ceri
Buah ceri dapat mengurangi dan mengobati asam urat secara alami. Ceri memiliki sifat anti-flamasi bernama anthocyanin yang baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

3. Produk Susu Rendah Lemak
Produk susu rendah lemak,seperti susu atau yogurt,dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

4. Jeruk nipis
Jeruk nipis dapat melarutkan kristal dan membersihkan tubuh.Untuk membuang racundari tubuh Anda,Anda dapat menyeduh perasan jeruk nipis dengan air hangat.

5. Kacang pinto
Kacang pinto kaya akan asam folat yang dapat membantu menurunkan asam urat secara alami.Makanan yang mengandung asam folat,seperti kacang pinto,biji bunga matahari,dapat Anda sertakan dalam menu harian Anda.

6. Minum banyak air
Ini adalah salah satu pengobatan sederhana yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengurangi asam urat dalam tubuh.Air dapat mengeluarkan racun dari tubuh,termasuk asam urat.

7. Berries
Buah-buahan segar,terutama stroberi dan blueberry,dapat membantu mengurangi asam urat dan meningkatkan pengobatan asam urat.

Itulah beberapa cara mengobati asam urat secara alami dan beberapa asupan makanan yang dapat membantu mengurangi asam urat dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment