Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Penyakit Anemia Secara Alami

Cara mengobati penyakit anemia secara alami – Anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin. Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab anemia. Anemia dapat di obati dengan obat sesuai resep dan dosis dokter. Sebenarnya pengobatan modern untuk penyakit anemia juga sudah banyak beredar di pasaran, namun terkadang orang ingin mengobatinya dengan cara yang sehat dan alami.
Ciri-ciri penyakit anemia yang dirasakan antara lain, yaitu :
- Badan cepat mudah lelah walaupun melakukan sedikit aktifitas
- Wajah tampak sangat pucat, kulit juga terlihat putih kekuningan
- Sesak nafas
- Sering pusing
- Sering pingsan
- Perasaan sensitive, bahkan kadang mudah marah
- Detak jantung yang berdebar-debar tidak teratur atau jantung dengan cepat memompa darah dan gejala yang lainnya yang mudah sekali terlihat secara fisik oleh mata.


Cara mengobati penyakit anemia secara alami antara lain sebagai berikut.
- Cara Pertama Menggunakan Lempuyang, Kunyit dan Gula Jawa
Bahan : Tiga buah kerat lempuyang seukuran jari tangan, Gula jawa dan kunyit secukupnya
Cara penggunaannya : Cuci bersih lempuyang dan kunyit tanpa dikupas, lalu setelah dicuci dengan bersih segera diparut dan dibubuhi gula jawa secukupnya. Setelah itu rebuslah ramuan tersebut dengan dicampur air 3 gelas minum. Rebus hingga air yang tersisa hanya 1 gelas saja. Minum lah air ramuan tersebut secara rutin sehari sekali hingga kondisi badan anda normal kembali seperti semula.

- Cara Kedua Menggunakan Biji Wijen
Dengan biji wijen : Ambil sesendok biji wijen dan rebus dengan air. Saring setelah sepuluh menit. Tambahkan satu sendok teh madu dalam air. Hal ini dapat diambil setiap hari untuk mengobati anemia. Wijen kaya akan zat besi, sehingga hal ini membantu untuk meningkatkan tingkat hemoglobin tubuh.

- Cara Ketiga Menggunakan Jus Lemon dan Cuka Sari Apel
Dengan jus lemon dan cuka sari apel : Jus lemon dan cuka sari apel merupakan ramuan untuk mengobati anemia. Tambahkan 2 sendok cuka sari apel dalam jus lemon dan konsumsi secara rutin. Hal ini membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. 

Cara mengobati anemia secara alami lainnya adalah  sebagai berikut:
1. Rebuslah 60 gram daun bawang merah dengan air secukupnya setelah itu tambahkan 1 kuning telur ayam kampung, kemudian dimakan atau dikonsumsi. Sebaiknya dikonsumsi secara teratur 2 kali sehari.

2. Ambillah hati ayam secukupnya dan tambahkanlah 10 butir angco, lalu direbus/ditim kemudian dimakan. Sebaiknya konsumsilah secara teratur 2 kali sehari untuk mengobati anemia

3. Dengan mandi garam epsom. Mandi garam berkhasiat dalam meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pusing karena anemia. Merendah kaki dengan garam yang dicampur dengan air hangat juga membantu mengobati anemia.

4. Melakukan yoga. Senam yoga sangat bermanfaat bagi penderita anemia. Yoga membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan membantu mengobati anemia. Latihan yoga secara teratur juga mencegah anemia.

5. Perbanyak makanan yang mengandung zat besi. Beberapa sayuran sumber zat besi adalah bayam, brokoli dan kubis harus menjadi menu harian anda. Daging merah memiliki konsentrasi tinggi zat besi, maka sangat dianjurkan mengkonsumsi daging merah seminggu sekali. Aprikot, plum dan kismis juga kaya akan zat besi.

6. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, folat, dan vitamin B-12. Jadi, lengkapi  dengan daging sapi, sayur-sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kacangan, polong-polongan, sitrus, dan pisang. Jangan lupakan vitamin C. Vitamin yang akan membantu proses penyerapan zat besi ini ditemukan di sitrus, melon, dan buah beri.

Itulah beberapa kumpulan tips cara mengobati penyakit anemia secara alami, semoga memberi manfaat bagi semua.

Cara Mengobati Penyakit Anemia Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment