Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami

Cara mengobati mata merah secara alami – Mata merah merupakan salah satu gejala iritasi. Hal itu disebabkan karena berbagai faktor seperti paparan debu, alergi dingin, angin atau sinar matahari serta kosmetik. Selain mengganggu kesehatan, juga dapat mengganggu penampilan karena mata akan kelihatan berwarna merah dan keluar kotorannya. Di samping berbahaya, penyakit mata merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menular. Karena itu tidak mengherankan apabila ada salah seorang anggota keluarga yang terjangkit, maka seluruh anggota keluarga yang lain juga ikut tertular. 0leh sebab itu, kalau Anda menderita sakit mata segeralah mengobati agar tidak menular pada orang lain.

Sebelum mengobati mata merah, penting untuk anda mengetahui penyebabnya mata merah dan gatal. Beberapa penyebab dari mata merah:
1. Conjungtivitis
Konjungtivitis dikenal dengan mata merah muda, adalah peradangan atau infeksi pada lapisan conjungtiva, bagian pelindung yang melapisi bagian depan mata. Mata merah muda dapat disebabkan oleh alergi, bakteri, virus, atau zat beracun.

2. Blepharitis
Blepharitis menyebabkan peradangan pada kelopak mata dan bulu mata dan mungkin disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada kelopak mata. Kelenjar kelopak mata berminyak, reaksi alergi, infeksi bakteri, atau kutu pada bulu mata juga menjadi penyebab umum dari blepharitis.

3. Uveitis
Uveitis, peradangan uvea mata, dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, pandangan kabur dan sensitif terhadap cahaya. Uveitis harus ditangani dengan cepat karena komplikasi lain, seperti uveitic glaukoma/retina dan jaringan parut pada choriodal, dapat terjadi jika tidak ditangani dengan tepat.

4. Mata kering
Air mata melindungi mata kita dengan pelumasan, memberi nutrisi dan melindungi permukaan mata. Ketika air mata kurang, mata kita dapat menjadi kering dan teriritasi. Kekeringan kronis dapat menyebabkan permukaan mata menjadi meradang dan pembuluh darah membesar, menyebabkan kemerahan meningkat.

5. Penggunaan Tetes Mata berlebihan
Anehnya, seringnya menggunakan “obat mata merah” dapat membuat mata terlihat lebih merah. Ini karena obat pemutih mata menyebabkan pembuluh darah di mata membesar, menyebabkan mata tampak lebih merah.

6. Penggunaan Lensa kontak
Memakai lensa kontak kadang-kadang dapat menyebabkan kemerahan mata. Pada beberapa orang, hanya memiliki lensa kontak di mata sudah cukup untuk membuat mata merah.

7. Cedera
Kemerahan kadang-kadang terjadi karena cedera mata. Pembuluh darah di mata membesar dan melebar untuk membawa sel untuk menyembuhkan dan memperbaiki cedera.

8. Ulkus kornea atau Infeksi
Jika kornea mata terinfeksi, pembuluh darah di dekatnya membesar dan bengkak, sehingga sel menyerbu masuk untuk membantu memerangi infeksi. Sel-sel ini dapat menyebabkan kemerahan terlihat.

9. Perdarahan subconjunctival
Sebuah pembuluh darah yang bengkak sering menyebabkan perdarahan subconjunctival. Bila rusak, pembuluh darah berdarah dan menyebar di bawah konjungtiva. Perdarahan subconjunctival bisa disebabkan oleh bersin, batuk, mengedan, muntah, trauma, tekanan darah tinggi, diabetes dan kadang-kadang dari kelainan darah tertentu.

10. Glaukoma akut
Glaukoma yang akut adalah keadaan darurat medis serius yang harus segera diobati. Jenis serius glaukoma menyebabkan kemerahan menyakitkan yang biasanya terjadi pada satu mata.

Cara mengobati mata merah secara alami diantaranya yaitu:
1. Cara Mengobati Mata Merah dengan di kompres. Kompres adalah pilihan terbaik, terutama jika penyebab mata merah adalah infeksi virus atau bakteri. Sebuah kompres hangat akan membuat mata Anda bebas dari kotoran apapun, sementara kompres dingin akan mengurangi rasa panas dan pembengkakan yang dapat menyertainya.

2. Cuci mata dengan air mawar. Ini merupakan salah satu cara pengobatan praktis yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cuci mata anda dua hingga tiga kali setiap hari menggunakan air mawar untuk memberikan efek rasa dingin dan menenangkan pada mata.

3. Potong dua iris kentang mentah dan letakkan di atas mata. Untuk hasil terbaik, gunakan irisan kentang dingin yang akan merilekskan mata dan menghilangkan rasa gatal serta mata merah.

4. Selalu cuci mata anda dengan air bersih dan segar setelah masuk dari luar ruangan. Debu dan partikel polusi merupakan penyebab utama dari mata merah dan gatal.

5. Cara mengobati mata merah dengan banyak istirahat. Kadang-kadang hanya mengistirahatkan mata dapat menjernihkan kondisi mata anda, seperti mata merah umumnya disebabkan oleh stres dan kelelahan. Cara mengobati mata merah ini efektif jika, tidak ada infeksi virus hadir.

Yang perlu anda perhatikan agar tidak terjadi mata merah:
-Batasi penggunaan kontak lens, karena kontak lens justru membuat retina menjadi kering. Gunakan kacamata sebagai penggantinya untuk melindungi mata dari iritasi akibat komputer.
-Mata akan menjadi sensitif ketika kita terus menerus di depan komputer. Akibatnya terjadilah iritasi. Bila Anda mengalami mata berair atau gatal, hindari menggunakan komputer atau laptop. Jika Anda harus menggunakannya, jangan lupa untuk beristirahat demi membuat mata lebih rileks.
-Anda harus menghindari olahraga renang yang mengandung klor untuk menghindari iritasi.

Itulah beberapa cara mengobati mata memerah secara alami, jangan lupa untuk selalu mengistirahatkan mata anda jika sudah lelah. Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment