Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Penyakit Panu Secara Alami

Cara mengobati penyakit panu secara alami – Panu atau dalam istilah medis kedokteran disebut juga dengan ‘Pityriasis versicolor’ merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur jenis pityrosporum ovale dan merupakan penyakit kronis yang sering berulang. Panu adalah salah satu jenis penyakit kulit yang bisa menular melalui handuk atau pakaian yang bergantian. Hampir setiap orang tahu akan penyakit ini, walaupun tidak berbahaya tapi penyakit panu bisa membuat badan menjadi gatal dan sangat mengganggu. Cara mengobati panu harus mengetahui penyebabnya agar setelah sembuh tidak terjangkit lagi, panu biasanya di sebabkan oleh jamur, kurang bersih dalam perawatan kulit atau bisa jadi akibat tertular oleh saudara yang terkena penyakit panu, sebaiknya sering-seringlah mandi apalagi sesudah aktifitas di luar rumah yang penuh debu dan berkeringat, hindari pemakaian handuk saling bergantian. 

Panu

Cara mengobati penyakit panu secara alami antara lain, yaitu:
1.Menggunakan Lengkuas
Lengkuas selain untuk bumbu masakan bisa juga kita gunakan untuk mengobati penyakit panu caranya ambil lengkuas muda lalu gosokan pada kulit yang berpanu secara rutin sampai panu benar-benar hilang.

2.Menggunakan Sereh
Ambil 2 batang sereh tumbuk lalu oleskan pada kulit yang berpanu setelah mandi. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

3.Menggunakan Belerang
Ambil belerang secukupnya tumbuk halus tambahkan jeruk nipis lalu oles pada panu secara rutin hingga panu hilang.

4.Menggunakan Bawah Putih
Caranya, ambil 1 siung bawang putih potong menjadi 2 dan gosok-gosokkan ke kulit yang terkena panu. Lakukan secara teratur pagi, siang, malam sampai panu tersebut kering dan mengelupas. Jika sudah kering maka panu pun akan pergi meninggalkan kulit kita.

5.Menggunakan Jeruk Nipis dan Belerang
Belah jeruk nipis menjadi 4 bagian dan tumbuk halus belerang. Irisan jeruk nipis tadi celupkan ke belerang kemudian gosokkan pada bagian tubuh yang berpanu. Lakukan sehabis mandi 2 kali sehari sampai sembuh.

6.Menggunakan Kemangi
Segenggam daun kemangi lalu cuci dan tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2x sehari.

7.Menggunakan Ketepeng Cina
Lumatkan satu genggam daun ketepeng cina segar, lalu tambahkan sedikit tawas (atau 1 sendok makan kapur sirih). Gosokkan campuran ini dengan kuat pada kulit yang sakit dua kali sehari.

8.Menggunakan Madu
Madu yang banyak digunakan sebagai bahan utama kosmetik dapat juga digunakan sebagai penghilang panu kulit. Caranya sama yaitu dengan cara digunakan sebagai masker.

9.Menggunakan Lengkuas/Laos
-Cara pertama : rimpang umbi lengkuas dan kapur sirih secukupnya, lalu keduanya tumbuk sampai halus. Gunakan atau gosokkan pada bagian yang terkena panu, lakukan pagi dan sore secara rutin.
-Cara kedua : rimpang lengkuas dipotong-potong, lalu potongan tersebut di gosokkan pada bagian yang terkena panu. Kemudian olesi dengan sedikit spirtus.

Itulah beberapa cara mengobati penyakit panu secara alami, selama dalam pengobatan jaga dan rawat tubuh anda agar panu tidak  menempel lagi pada bagian tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Penyakit Panu Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment