Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara mengobati gusi secara alami – Pembengkakan pada gusi yang menyebabkan rasa sakit pada gusi ini dinamakan Gingivitis, yaitu kondisi gusi ke-merahan, bengkak atau tampak lebih "gemuk" dan tampak mengkilat, mudah berdarah secara spontan atau saat menyikat gigi, dan sering kali terjadi bersamaan dengan akumulasi tartar atau kalkulus (karang gigi) di sekitar permukaan gigi yang berbatasan dengan gusi. Penyebab gusi bengkak umumnya dikarenakan adanya bakteri pada plak yang menginfeksi jaringan gigi, sehingga menyebabkan infeksi pada gigi dan membuat gusi bengkak, kemerahan, mudah berdarah, dan sakit. Pada kasus lanjut akhirnya gigi menjadi goyang bahkan lepas. Sebenarnya ada banyak cara mengobati gusi bengkak baik secara alami maupun dengan minum obat penghilang rasa nyeri. namun kebanyakan orang hanya mengatasi gusi bengkak dengan obat untuk menghilangkan rasa nyeri padahal efeknya hanya sementara, berbeda dengan cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa menyembuhkan gusi yang bengkak secara permanen dan tidak akan kambuh lagi.


Cara mengobati gusi bengkak secara alami di antaranya, yaitu:
1. Menggunakan Kunyit dan Gambir
Siapkan gambir sebanyak 3 potong kecil, air bersih sebanyak 2 gelas, Empu kunyit sepanjang jari. Lalu cuci bahan empu kunyit serta gambir menggunakan air bersih. Setelah bersih lalu tiriskan dan potong-potong kedua bahan tipis-tipis. Rebus semua bahan baik itu empu kunyit, air dan gambir pada panci perebus. Rebus hingga mendidih dan hanya menyisakan air rebusan 1 gelas saja. Angkat dan saring air. Gunakanlah air rebusan ini untuk berkumur. Lakukan cara pengobatan herbal alami ini sehari kurang lebih 3 kali secara rutin.

2. Menggunakan Bunga Krokot
Siapkan 200 gram tanaman bunga krokot serta air bersih 3 gelas. Cuci bunga krokot menggunakan air bersih, sampai bunga bersih dari kotoran, langkah selanjutnya, rebus bunga krokot menggunakan air yang sudah kita siapkan tadi, rebus hingga air tersisa satu gelas saja, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan ini sampai habis sekaligus.

3. Menggunakan Kulit Andong
Adapun langkahnya adalah dengan menyiapkan garam dapur secukupnya serta kulit dari tanaman andong. Lalu cuci kulit andong dengan menggunakan air bersih sampai kotoran yang tertempel benar-benar hilang, langkah selanjutnya kikislah/kunyalah kulit andong dan berilah garam dapur secukupnya. Hasil kikisan ini kemudian masukan ketempat gusi yang bengkak atau gusi yang terasa sakit.

4. Menggunakan Air Garam
Campurkan garam dalam air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Setelah berkumur dengan air garam, bilas mulut dengan air putih.

5. Menggunakan Minyak Cengkeh
Terapkan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakan rasa sakit pada gusi.

6. Menggunakan Bayam Duri
Siapkan bayam duri dengan secukupnya, serta genteng (genteng berfungsi untuk alas). Setelah itu bakarlah bayam duri diatas genteng. Setelah layu/kering angkat bayam duri dan tumbuklah bayam duri tersebut sampai halus. Gunakan bayam duri ini untuk mengolesi gusi anda yang sakit.

7. Menggunakan Baking Soda
Anda juga bisa membuat obat alami kumur sendiri dengan mencampurkan air dengan baking soda. Obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Berkumurlah beberapa kali dalam sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.

8. Menggunakan Lemon
Siapkan satu buah lemon, lalu peras lemon ke dalam gelas berisi setengah gelas air hangat. Kumur dengan larutan ini selama beberapa menit 2-3 kali sehari.

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami. Semoga lekas sembuh dan memberi manfaat bagi semua.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment