Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Penyakit Maag Secara Alami

Cara mengobati penyakit maag secara alami – Sakit maag atau dalam istilah kedokteran disebut sindroma dispepsia, adalah kumpulan gejala yang terdiri dari nyeri ulu hati, atau perasaan tidak nyaman yang berasal dari saluran cerna atas, disertai dengan perasaan cepat kenyang, sendawa, mual sampai muntah. Keluhan itu berlangsung kronik, selama 3 bulan dan kambuh-kambuhan setidaknya dalam 6 bulan terakhir. Penyebabnya adalah akibat tingginya kadar asam di dalam lambung yang menyebabkan iritasi pada dinding lambung, hingga menimbulkan  ejala nyeri pada perut. Terjadinya maag dapat dipicu oleh baerbagai faktor, diantaranya adalah pola  makan yang tidak teratur.
Penyakit maag memiliki beberapa gejala yang umum dialami oleh penderita. Gejala tersebut di antaranya yaitu:
- Sering bersendawa karena dalam perut atau lambung terdapat banyak gas dan sendawa inilah reaksi alami tubuh yang berusaha membuang gas dalam lambung.
- Gejala yang kedua yang sering kentut. Sama halnya dengan gejala yang pertama bahwa kentut merupakan reaksi tubuh untuk membuang gas berlebih dalam lambung.
- Nyeri ulu hati yang disebabkan oleh asam berlebih dalam lambung yang terus menekan hingga ke bagian ulu hati.


Ada beberapa cara mengobati penyakit maag secara alami, di antaranya:
1.Menggunakan Daun Jambu Biji
Siapkan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar dan cuci hingga bersih. Lalu direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian ambil airnya untuk disaring. Air saringan tersebut diminum 3 kali sehari secara rutin.

2. Menggunakan Tepung KanjiAmbil tepung kanji kurang lebih 1 ons, lalu tepung kanji tersebut di Sangrai (digoreng tanpa minyak) sampai agak kekuning-kuningan.Sesudah itu tepung kanji yang telah di sangrai tadi diambil 2 sendok tiap hari untuk dicampur dengan setengah gelas air panas. Biarkan campuran 2 sendok tepung kanji yang telah di sangrai dengan air panas itu agak sedikit dingin setelah itu langsung di minum. Lakukan cara ini tiap hari selama satu minggu dan sampai anda merasa maag anda berkurang atau hilang.

3. Menggunakan Biji PepayaSiapkan biji pepaya secukupnya, lalu jemur hingga kering. Setelah kering lalu haluskan atau tumbuk hingga halus. Kemudian seduh dengan air panas biji pepaya yang telah ditumbuk dan minum airnya secara rutin.

4. Menggunakan Kunyit
Siapkan 2 jari tangan kunyit cuci hingga bersih. Lalu kunyit diparut dan ditambah air matang secukupnya. Diperas melalui kain bersih. Hasil perasan didiamkan dan diambil air beningnya, atau bisa juga langsung diminum. Minum 2 kali sehari pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

5. Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya memang tanaman alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lidah buaya ini pun dapat anda manfaatkan dalam cara mengobati penyakit maag yaitu dengan membuat jus lidah buaya. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan mangambil daging lidah buaya kemudian anda tambahkan madu atau gula. Blender hingga menyerupai jus kemudian anda minum ½ jam sebelum makan. Lidah buaya ini dapat membantu anda untuk menetralkan asam yang berlebih dalam lambung anda.

6. Menggunakan Akar Daun Matahari
Siapkan bahan 30 gram akar bunga matahari, 10 gram adas pulosari, 10 gram biji ketumbar, 5 gram kapulaga dan air 500 cc.
Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 500 cc air hingga tersisa 250cc. Kemudian airnya diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini secara rutin sekali sehari.

7. Menggunakan Daun Alpukat 
Siapkan bahan daun alpukat kering secukupnya dan air panas satu gelas.
Cara pengobatan: Daun alpukat kering dirajang kecil-kecil, diambil 1 sendok teh dan seduh dengan 1 gelas air panas. Tambahkan gula secukupnya dan aduk hingga rata. Minum ramuan ini selagi hangat.

Cara mengobati penyakit maag secara alami diatas bisa sangat efektif jika dilakukan secara rutin sampai gejala maag menurun atau sembuh, dan jagalah pola makan secara teratur. Semoga bermanfaat bagi semua.

Cara Mengobati Penyakit Maag Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment