Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Cegukan Secara Alami

Cara mengobati cegukan secara alami - Cegukan terjadi akibat kontraksi otot-otot diafragma yang diluar kemauan. Cegukan membantu menormalkan pernafasan dengan cara memisahkan pernafasan dada dari lambung. Iritasi dalam syaraf-syaraf diafragma membuat nafas bergerak menyentak sehingga menimbulkan suara yang ganjil. Biasanya cegukan muncul antara 4 sampai 60 kali per menit dengan interval yang cukup teratur dan berlangsung beberapa menit saja. Namun ada kalanya bertahan lebih dari 48 jam, dan bisa pula hingga berhari-hari. Cegukan memang sangat mengganggu saat kita melakukan obrolan dengan orang lain atau pada saat kita makan dan minum. Untuk itu sembuhkan cegukan dengan cara dan tips dibawah ini.


Berikut beberapa cara mengobati cegukan secara alami diantaranya, yaitu:
1. Dengan Menahan Napas

Menarik napas dalam-dalam dan perlahan mengeluarkannya. Cara ini memang trik lama, tapi cara ini masih ampuh mengatasi cegukan. Di mana cara kerjanya mampu merangsang saraf dari otak ke diafragma agar dapat dada menjadi lapang, dan cegukan perlahan hilang.

2. Dengan Bernapas Dalam Sebuah Kantong Kertas
Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat, dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya. Jadi udara yang dihirup adalah udara yang banyak karbondioksidanya.

3.Meningkatkan Kadar Karbondioksida
Dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam dan mulai lagi.

4. Dengan Memakan Gula Pasir

Mengkonsumsi sesendok gula pasir bisa membuat cegukan hilang, hal itu bisa terjadi karena gula dapat menyesuaikan diri saat berada ditenggorokan. Sehingga bisa perlahan menghentikan cegukan seseorang. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.

5. Meminum Air
Minum air dalam posisi membungkuk, melakukan pijatan ringan dengan jari telunjuk pada kedua sisi leher, tarik napas dalam lalu minum 10 tegukan air saat tidak bernapas, membungkuk sampai jari tangan dapat menyentuh ibu jari kaki selama 60 detik serta masih banyak lagi tehnik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cegukan.

6. Makanan Asam
Mengkonsumsi makanan asam seperti cuka atau jeruk nipis, dan mengstimulus pernapasan seseorang. Di mana saat wajah mengernyit saat keasaman, pada kondisi itu cegukan perlahan dihilangkan.

7. Dengan Dikejutkan
Ini adalah cara lama dengan mengejutkan seseorang yang mengalami cegukan atau mengalihkan perhatian secara mental perlahan dapat menghilangkan seseorang yang cegukan.

8. Bernapas Dengan Satu Lubang Hidung
Tutuplah lubang hidung sebelah kiri, lalu hirup udara dari lubang hidung sebelah kanan. Kemudian keluarkan udara dari lubang hidung sebelah kiri. Lalu lanjutkan dengan menghirup udara dari lubang hidung sebelah kiri dan keluarkan dari lubang hidung sebelah kanan. Lakukan teknik ini berulang-ulang.

Apabila terjadi pada anak anda yang berusia balita juga bisa dengan cara mengatasi cegukan di atas, namun lebih baik untuk memberinya nafas buatan saja melalui mulut, hal itu pasti lebih mudah. karena pasti anak usia balita pasti belum bisa di arahkan. Namun, untuk anak anda yang memiliki usia di atas 5 tahun, bisa di ajak berkomunikasi tentu anda bisa membantunya dengan cara mengatasi cegukan di atas.

Itulah beberapa cara mengobati cegukan secara alami. Jika sudah melakukan dengan salah satu cara diatas tapi tetap saja cegukan dalam beberapa jam atau bahkan sampai berhari-hari, maka pertolongan medis seperti penggunaan obat-obatan sudah diperlukan. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan diantaranya adalah chlorpromazin, metoclopramid, baclofen, antikonvulsan (fenitoin, asam valproat, carbamazepin). Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Cegukan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment