Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

Cara mengobati diabetes secara alami – Penyakit diabetes atau disebut juga penyakit kencing manis adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin, atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkan. Hiperglikemia, atau gula darah yang meningkat, merupakan efek umum dari diabetes yang tidak terkontrol dan dari waktu ke waktu menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh, khususnya saraf dan pembuluh darah. Penyebab munculnya penyakit diabetes memang sangat beragam, di antaranya karena faktor keturunan dan faktor gaya hidup yang kurang sehat. Kedua hal ini memiliki peran yang cukup besar terhadap munculnya penyakit diabetes. Perlu anda ketahui bahwa penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat mengancam keselamatan jiwa anda jika anda tidak mengetahui cara mengobati penyakit diabetes. Oleh karena itu, jika anda memiliki resiko besar terkena penyakit ini sebaiknya segera anda lakukan langkah pencegahan atau mungkin pengobatan. Ikuti beberapa tips berikut ini.


Cara mengobati diabetes secara alami di antaranya, yaitu:
1.Menggunakan Daun Bungur
Siapkan 30 gram daun bungur tua yang masih segar dari jenis bungur yang berbunga ungu, lalu direbus dalam 150 ml air selama kurang lebih 1 jam. Air rebusannya itu kemudian dibagi tiga untuk diminum tiga kali sehari masing-masing  50 ml. Meminumnya sebaiknya setengah atau satu jam sebelum makan. Ini dilakukan tiap hari sampai penyakit kencing manisnya sembuh.

2.Menggunakan Daun Salam
Daun salam sebanyak 75-100 gram direbus dalam tiga gelas air  hingga tinggal setengahnya. Air rebusannya kemudian didinginkan dan disaring, lalu diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas. Hari berikutnya, daun salam yang telah direbus itu ditambah air sama banyak, direbus lagi sampai tinggal setengahnya. Air rebusannya di-minum lagi dengan cara yang sama. Hari ketiga, daun salamnya diganti dengan yang baru, lalu direbus lagi, dan diminum kembali seperti cara tersebut di atas. Hal itu dilakukan sampai kadar gula dalam darah kembali normal.

3.Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya memang tanaman dengan berbagai khasiat bagi kesehatan. Lidah buaya dapat membantu anda mengatasi jerawat, menghilangkan bekas jerawat dan untuk kali ini, lidah buaya dapat digunakan dalam cara mengobati penyakit diabetes. Lendir yang terdapat pada daun lidah buaya ternyata dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Cara membuat ramuannya dengan menyiapkan  2 batang daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas.

4.Menggunakan Daun Sambiloto
Sambiloto merupakan tanaman terna semusim yang masuk ke dalam Familia Achanthaceae. Ciri yang paling mudah dikenali adalah seluruh bagian tanaman terasa pahit, tinggi tanaman bisa mencapai 80 cm. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan biji. Cara meramu dengan menyiapkan daun sambiloto sebanyak kira-kira 5 gram daun segar, seduh dengan 1 gelas air panas (matang), setelah dingin lalu disaring. Hasil saringan kemudian diminum sehari 2 kali sama banyak, pagi dan sore setelah makan.

5.Menggunakan Tanaman Kumis Kucing
Tanaman kumis kucing adalah tanaman semak tahunan. Kumis kucing termasuk dalam Familia Lamiaceae. Tinggi tanaman bisa mencapai 150 cm. Cara meramu dengan menyiapkan kira-kira 25 gram daun segar, cuci bersih  dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Hasil rebusan di bagi menjadi dua bagian untuk diminum pagi dan sore. Lakukan tiap hari dengan rutin sampai kadar gula dalam darah membaik.

6.Menggunakan Tanaman Pulen
Tanaman pule adalah tanaman pohon , masuk dalam Familia Apocinaceae. Tinggi pohon bisa mencapai 25 meter. Ciri-ciri tanaman, kulit kayu rasanya pahit. Cara pembiakannya dengan stek batang. Bagian tanaman yang digunakan adalah kulit batang. Cara meramu dengan menyiapkan kulit batang sebanyak kira-kira 2 jari, dipotong-potong seperlunya, kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa air separuhnya. Setelah didinginkan, kemudian saring dan minum setengah jam setelah makan, dua kali sehari. masing-masing sajian sebanyak ¾ gelas.

7.Menggunakan Biji Alpukat
Cara meramu dengan biji alpukat diiris tipis-tipis,  lalu  irisan biji alpukat dijemur sampai kering, kemudian sesudah kering disangrai (orang Jawa bilang digoreng sangan) seperti membuat kopi. Irisan biji alpukat yang sudah disangrai diblender sampai lembut. Masukkan bubuk biji alpukat hasil memblender ke kulit kapsul yang dapat dibeli di apotek. Minum kapsul biji alpukat satu kali sehari secara rutin sampai kadar gula dalam darah membaik atau normal.

8.Menggunakan Pare
Pare (momordica charantia) termasuk golongan sayuran buah. Pare ini hanya mengobati penderita kencing manis yang masih dalam tahap ringan dan penyembuhannya tidak bergantung pada suntikan insulin. Biasanya, penderita pada tingkat ini masih memiliki kelenjar pancreas yang masih bisa menghasilkan hormon insulin. Diduga zat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam buah pare ini adalah sejenis glukosida, yaitu momordisin. Cara membuat ramuan, buah pare diparut atau dihaluskan, lalu diambil ekstrak perasan buahnya. Perasan ini diminum tiga kali sehari sampai kadar gula darah kembali normal.

Itulah beberapa cara mengobati diabetes secara alami di atas, lakukan sesuai aturan dan secara rutin sampai kadar gula dalam darah berangsur pulih. Semoga bermanfaat bagi semua.

Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment