Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Diare Secara Tradisional

Cara mengobati diare secara tradisional - Banyak orang tidak mengetahui cara mengobati diare secara alami dengan cepat dan ampuh. Padahal cara ini sangat gampang dan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti teh, air putih, kunyit, dan masih banyak lagi. Memang sekarang banyak orang memilih membeli obat diare yang kini sudah banyak dijual di toko dan apotek. Namun tentu saja kita tidak tahu apa efek samping dari obat tersebut, sehingga sebelum mengkonsumsi obat ada baiknya mencoba cara alami terlebih dulu. Cara mengobati diare pada anak dan pada orang dewasa secara alami tentu saja berbeda. Namun meskipun demikian tetap saja dapat diobati dengan bahan alami. Sebelum mengetahui cara mengobati diare secara alami tersebut ada baiknya ketahui terlebih dulu seputar penyakit ini.
Diare atau diarrhea (atau mencret dalam bahasa kasarnya) merupakan penyakit yang mengakibatkan penderita akan buang air besar setidaknya minimal tiga kali dalam sehari. Selain itu, saat diare maka tinja akan berubah menjadi lembek atau cair. Faktor penyebab diare pun sangat beragam dan mungkin belum pernah anda ketahui. Beberapa penyebabnya yakni seperti kelebihan vitamin C, adanya gejala dari luka, atau bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang mempunyai rasa asam atau terlalu pedas. Namun pada kebanyakan kasus diare disebabkan karena adanya infeksi virus dan bakteri.


Nah berikut ini beberapa cara mengobati diare secara tradisional.
Cara mengobati diare pada anak
1. Oralit
Saat bayi anda menderita diare, anda dapat membuatkan dia obat alami, obat tersebut yakni campuran antara garam, gula, dan air. Larutan yang disebut oralit ini bermanfaat untuk mengganti garam tubuh yang hilang akibat diare.

2.Sirsak
Diare pada bayi seringkali membuat orang tua khususnya ibu menjadi bingung. Beruntunglah bila anda yang mempunyai bayi tidak sengaja mampir di blog ini karena akan kami bocorkan rahasia menakjubkan dari sirsak yang dapat mengatasi diare pada bayi.
Pertama siapkan buah sirsak yang sudah matang, kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya. Minumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2 sendok makan dan dilakukan 3 kali dalam sehari.

3. Beri asupan cairan yang mencukupi
Dehidrasi merupakan efek samping paling bahaya ketika menderita diare. Jika bayi anda tidak tergantung pada ASI maka berikan cairan untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, namun apabila tergantung pada ASI, maka teruslah berikan ASI secara teratur.

Cara mengobati diare pada orang dewasa
1. Konsumsi air putih

Air putih bermanfaat untuk membantu mengeluarkan bakteri dalam tubuh, selain itu air putih juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Namun sebaiknya imbangi konsumsi air putih dengan elektrolit, karena apabila terjadi ketidakseimbangan elektrolit makan dapat menyebabkan keracunan air.

2. Daun jambu biji
Caranya yakni rebus 15-30 gram daun jambu biji kering dengan air sebanyak 150-300ml. Tunggu sampai mendidih, setelah mendidih jangan langsung diangkat, tapi biarkan tetap direbus selama 15 menit. Nah setelah itu saring air rebusan tersebut dan minum airnya.

Tips cara mengobati diare secara tradisional adalah hindari makan makanan yang berserat seperti agar-agar, sayur dan buah karena makanan berserat hanya akan memperpanjang masa diare. Makanan berserat hanya baik untuk penderita susah buang air besar (BAB). Bagi penderita diare sebaiknya makan makanan rendah serat dah halus seperti bubur nasi atau nasi lemes dengan lauk telur asin. Di sini nasi akan menjadi gula untuk memberikan energi, sedangkan telur asin akan memberikan protein dan garam untuk menahan mencret dan sebagai zat pembangun tubuh. Hindari makan makanan di luar sembarangan serta makanan yang pedas mengandung cabe dan lada. Semoga bermanfaat.

Cara Mengobati Diare Secara Tradisional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment