Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Penyakit Herpes Secara Alami

Cara mengobati penyakit herpes secara alami - Penyakit herpes adalah sejenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung yang berkelompok dan berisi cairan. Ada 2 cara dalam mengobati penyakit herpes ini, yaitu cara alami dan dengan obat-obatan kimia. Bila seseorang sudah terserang virus herpes maka ia akan merasakan tubuhnya menjadi demam, badan terasa menggigil, sesak nafas, dan nyeri pada persendian yang diiringi dengan keluarnya sekelompok bintik kemerahan pada kulit yang berisi cairan. Dan jika sudah muncul tanda-tanda tersebut sebaiknya bintik tersebut jangan digaruk apalagi sampai pecah, karena bintik cairan yang berisi air yang sudah pecah akan menyebar dan memperparah penyakit herpes tersebut.

Untuk mengatasinya harus dilakukan pengobatan yang continuitas, karena jika pengobatan itu hanya dilakukan sekali-sekali maka akan memperlambat penyembuhan, penyakit herpes ini ada dua macam, yaitu Herpes Genetalis dan Herpes Zoster. Penyakit Herpes Genetalis adalah penyakit kelamin yang mengakibatkan infeksi atau peradangan pada kulit yang disebabkan oleh Virus Herpes Simplex (VHS), khususnya pada bagian kelamin seperti: miss V, kemaluan pria, termasuk di sekitar dubur serta pantat dan pangkal paha atau selangkangan, penularan pada herpes genetalis ini adalah melalui prilaku seks dan gejalanya akan terlihat dalam kurun waktu 7-21 setelah seseorang mengalami kontak dengan si penderita. Sedangkan Herpes Zoster merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella-zoster yang menyebabkan timbulnya gelembung cairan hampir pada seluruh bagian tubuh, penularannya dapat terjadi apabila ada kontak langsung dengan si penderita, melalui batuk, bersin, pakaian dan sentuhan langsung dengan gelembung yang pecah. Sama halnya dengan cacar air yang disebabkan oleh virus yang sama dengan zoster, penyakit inipun tidak boleh melakukan kontak, menjaga agar gelembung tidak pecah sehingga tidak akan meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bagi kuman yang lainnya.


Adapun cara mengobati penyakit herpes secara alami ini diantaranya, yaitu:
1. Pengobatan dari luar
Pengobatan dari luar bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan bedak bermenthol sebagai pelicin atau salep (acyclovir), sehingga dapat mengurangi rasa gatal yang timbul akibat penyakit herpes. Dengan penggunaan bedak dan salep tersebut juga akan mencegah kita untuk menggaruknya. 

2. Pengobatan dari dalam
Pengobatan dari dalam dapat dilakukan dengan cara meminum obat-obatan medis yang dianjurkan oleh dokter. Karena biasanya penyakit ini menimbulkan badan demam dan nyeri sendi, maka dari itu juga dibutuhkan untuk meminum obat penurun panas atau penghilang rasa nyeri.

3. Dengan pengobatan tradisional
 Dengan menggunakan tumbuhan akar dewa merah yang masih segar. Tumbuhan ini dapat digunakan untuk pengobatan dari luar maupun dari dalam tubuh. Untuk pengobatan dari luar anda dapat menumbuk akar dewa merah tersebut dan menempelkannya pada bagian yang terkena herpes, sedangkan untuk pengobatan dari dalam anda dapat merebusnya dan meminum airnya. Lakukan juga secara rutin sampai penyakit tersebut sembuh.

Yang paling utama  agar tidak terjadi penularan virus herpes zoster ini adalah sebaiknya anda tidak melakukan kontak langsung dengan penderitanya (meskipun hanya kontak mata) dan bersentuhan dengan bagian yang terinfeksi. Karena virus ini mudah menular kepada yang lain, maka dari itu kita harus lebih berhati-hati lagi. Sedangkan untuk penyakit herpes genitalis, yaitu cukup dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan penderita.

Tips mengatasi penyakit herpes adalah:
-Jangan menggaruk bagian tubuh yang terkena herpes walaupun terasa gatal, segera beri bedak atau salep untuk mengurang rasa gatal tersebut, karena apabila sampai pecah maka herper tersebut akan menyebar ke tempat yang lain pada bagian tubuh anda.
-Jangan menggosoknya dengan apapun, meskipun alat tersebut terbuat dari sesuatu yang halus, karena gesekannya akan memicu herpes pecah dan menyebar.
-Selalu makan makanan yang sehat yang mengandung gizi yang seimbang.
-Istirahat yang cukup .

Dalam upaya pencegahan penularan penyakit herpes ini sebaiknya diberikan imunisasi vaksin varicella zoster, imunisasi ini diberikan satu kali pada anak sehat ketika usia 1-12 tahun, pada masa pubertas untuk memantapkan kekebalan terhadap virus herpes tersebut menjadi 60-80% dan saat ia dewasa untuk menyempurnakannya. Pada intinya semua adalah dengan tetap menjaga kondisi tubuh agar stamina dan kekebalan tubuh selalu tetap terjaga dengan baik, yaitu dengan pola hidup dan makanan yang bergizi seimbang. Konsultasikanlah langsung dengan dokter spesialis atau dokter pribadi anda jika terserang penyakit ini, agar penyakit tersebut dapat segera diatasi. Semoga cara mengobati penyakit herpes secara alami diatas bermanfaat bagi semua.

Cara Mengobati Penyakit Herpes Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment