Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami

Cara mengobati luka bakar secara alami - Luka bakar adalah sebuah luka pada jaringan kulit yang disebabkan oleh benda panas, energi panas, ataupun bahan kimia lainnya. Banyak orang salah kaprah dalam mengobati luka bakar sehingga malah menimbulkan bekas luka bakar yang sulit disembuhkan, misalnya dengan mengoleskan pasta gigi ke dalam luka bakar. Cara seperti itu justru malah meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan pada kulit. Bekas luka memang menjadi salah satu masalah tersendiri bagi kita, terkadang ketika kita sedang beraktifitasmaupun sedang berada ditempat umum. Kalau bekasnya tidak terlihat atau dalam artian tertutup oleh pakaian mungkin saja tidak terlalu bermasalah, tetapi lain halnya jika bekas dari luka tersebut ternyata memang cukup terlihat orang saat berada di tempat umum. Mungkin akan sedikit mengganggu penampilan yang secara tidak langsung juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kita, nah untuk itu artikel ini akan membahas dan memberi tahu cara mengobati luka bakar secara alami beserta tips cara menghilangkan bekas luka dengan cepat dan tepat.


Cara mengobati luka bakar secara alami diantaranya, yaitu:
1. Menggunakan Air Dingin
Salah satu cara terbaik mengobati luka bakar tingkat pertama dengan mengalirkan air di daerah luka. Selain itu, Anda juga dapat meredakan luka bakar dengan mengompresnya dengan air dingin dan ulangi setiap beberapa jam. Salah satu tip yang perlu diingat adalah jangan menggunakan es batu untuk meredakan luka bakar karena akan membatasi aliran darah dan menyebabkan kerusakan urat nadi.

2. Menggunakan Susu
Cara lain untuk membantu mengobati luka bakar tingkat pertama dengan menuangkan susu dingin di wilayah luka. Susu membantu untuk meredakan kulit dan baik setelah pengobatan. Jika Anda menggunakan obat alami ini untuk mengobati luka bakar, pastikan menggunakan susu skim atau susu tanpa lemak.

3. Menggunakan Kentang
Kentang diketahui dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringat di kulit. Namun, pastikan Anda menggunakan kentang mentah dalam mengatasi luka ringan Anda. Selain itu, kentang mentah juga akan membantu untuk menghilangkan setiap iritasi di sekitar luka.

4. Menggunakan Lidah Buaya
Para ahli mengatakan bahwa lidah buaya adalah obat yang baik untuk mengobati luka bakar tingkat pertama. Lidah buaya juga meredakan dan mengurangi kemungkinan luka bakar terasa melepuh. Untuk menggunakan pengobatan alami ini, Anda harus terlebih dahulu membilas daerah luka bakar dengan air, baru setelah itu menggunakan jus lidah buaya di daerah luka.

Ada beberapa tips cara menghilangkan bekas pada luka bakar diantaranya, yaitu:
1. Dengan Menggunakan Daun Binahong
Hasilnya memang cukup sangat memuaskan, daun dewa yang satu ini memang banyak sekali manfaatnya, makanya tak heran harga bibitnya pun tergolong mahal. cara menggunakan daun ini cukup ambil satu atau dua daun binahong lalu remas-remas dengan tangan,  tempelkan langsung pada yang luka.

2. Dengan Menggunakan Minyak Zaitun
Minyak yang satu ini ternyata memang kaya akan manfaat. Minyak zaitun dipercaya khasiatnya dalam menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat pada wajah dan tubuh. Caranya hanya dengan mengoleskan bekas luka dengan minyak zaitun secara rutin. Lakukan secara rutin menjelang tidur dan bekas luka akan memudar dan hilang dengan sendirinya.

3. Dengan Menggunakan Jeruk Nipis
Ambil 1 buah jeruk nipis, kemudian belah menjadi beberapa bagian, lalu oleskan pada bagian bekas luka. Setelah itu basuh dengan menggunakan air hangat. Memang untuk pertama kali penggunaannya bisa sedikit perih di kulit, namun lama-kelamaan rasa perih akan semakin hilang bersamaan dengan hilangnya bekas luka dikulit. Lakukan secara rutin menjelang tidur.

Itulah beberapa tips menghilangkan bekas luka bakar dan cara mengobati luka bakar secara alami. Semoga bermanfaat.

Catatan:
Jangan pernah mengolesi luka bakar dengan menggunakan pasta gigi, balsem, mentega, minyak, oli atau larutan lainnya, karena bisa menghambat penyembuhan dan dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi.

Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment