Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Makanan Sehat Pencegah Insomnia

10 makanan sehat pencegah insomnia – Insomnia merupakan keadaan susah tidur di malam hari. Gejala umum  yang mempengaruhi jutaan orang bahkan sampai ribuan orang yang ada di dunia. Penyebabnya adalah kebiasaan tidur yang buruk, kebiasaan yang tidak sehat, atau sedang mengalami depresi dan stress. Insomnia bisa terjadi pada semua orang dari kecil hingga dewasa, di karenakan kebiasaan mereka yang tidak sehat sehingga menyebabkan tidur tidak nyenyak dan terjadi insomnia. Dengan meminum pil tidur adalah cara yang sangat ampuh, namun penggunaan pil tidur mempunyai efek samping yang sangat berbahaya karena mengandung bahan kimia. Ketergantungan pil tidur bisa berakibat buruk pada tubuh. Cobalah dengan memakan makanan sehat sebelum tidur, karena makanan yang sehat juga mampu menjadikan tidur anda lebih nyenyak. Simak tips makanan pencegah insomnia berikut ini.


Inilah 10 makanan sehat pencegah insomnia yang dapat membuat anda tidur lebih nyenyak, simak berikut ini:
1. Produk susu
Semua produk yang mengandung susu sangat bagus untuk membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak, karena susu mengandung tryptophan asam amino yang menginduksi tidur. Hal ini di gunakan oleh otak untuk membuat neurotransmitter yang menginduksi tidur. Hal ini juga memacu produksi melatonin dan serotonin. Konsumsi susu saat malam hari sebelum tidur akan membantu anda dari insomnia.

2. Cokelat
Sejak ribuan tahun lalu, cokelat di percaya bisa membantu kondisi tidur lebih nyenyak. Karena kandungan di dalam cokelat bisa mengurangi produksi hormone kortisol dalam otak sehingga bisa membantu anda lebih rileks dan nyaman. Mengkonsumsi cokelat sangat bagus untuk mencegah insomnia, asal jangan terlalu berlebih saat memakannya.

3. Buah Ceri
Makan buah ceri tau minum jus ceri dapat membantu mengatur siklus tidur tubuh anda. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh national institutes of health di amerika, jus ceri mengurangi keparahan insomnia untuk orang dewasa yang lebih tua. Makanlah beberapa buah ceri di malam hari menjelang tidur.

4. Buah pisang
Pisang mengandung melatonin dan tryptophan yang membantu anda untuk tidur lebih nyenyak. Melatonin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anda dan mengatasi insomnia.

5. Keju
Keju juga mampu untuk mengatasi insomnia, karena keju mengandung tryptophan. Tryptophan merupakan asam amino yang dapat menyebabkan seseorang merasa mengantuk. Anda boleh memakannya di malam hari menjelang tidur asal jangan berlebihan.

6. Popcorn
Camilan ringan yang biasa dimakan saat menonton ini diketahui bisa merangsang produksi serotonin dalam otak, yang membuat tubuh terasa lebih cepat mengantuk.

7. Oatmeal
Oatmeal atau havermurt ini tidak hanya menjadi menu sarapan yang mengenyangkan, namun juga bisa untuk kesehatan tubuh anda. havermurt atau gandum yang kaya akan serat ini mengandung melatonin. Dengan semangkuk oatmeal ditambah segelas susu hangat merupakan menu yang tepat sebelum anda tidur.

8. Buncis
Buncis mengandung kadar protein dan serotonin. Makanan yang satu ini bisa menjadi hidangan yang baik sebelum anda tidur.

9. Kangkung
Sayuran berdaun hijau ini mengandung jumlah kalsium yang sehat. Hal ini penting untuk mendapatkan cukup kalsium, karena penelitian menunjukkan bahwa kekurangan kalsium dapat menyebabkan insomnia sehingga sulit untuk tertidur.

10. Teh chamomile
Teh chamomile yang dikenal sebagai teh merangsang relaksasi. Teh ini telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk banyak masalah kesehatan, termasuk gangguan tidur, masalah pencernaan, dan kecemasan. Cobalah minum secangkir teh chamomile sebelum tidur untuk menghindari insomnia. Chamomile juga tersedia dalam bentuk kapsul bagi mereka yang lebih memilih untuk menelan ramuan bukan meminumnya.

Itulah 10 makanan sehat pencegah insomnia, beberapa makanan sehat yang baik untuk membuat tidur lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia. Semoga bermanfaat.

10 Makanan Sehat Pencegah Insomnia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dhanie Bassroin

0 comments:

Post a Comment