Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Tips Cara Menghilangkan Dengkuran

10 tips cara menghilangkan dengkuran – Tidur dengan nyenyak, semua orang pasti menginginkannya. Tapi bagaimana jadinya jika tidur nyenyak terganggu oleh suara orang mendengkur, baik itu anda atau orang lain yang di dekatnya. Maka sudah pasti itu akan menjadi hari yang sangat menyebalkan. Faktor eksternal seperti kegemukan dan makanan yang di konsumsi dapat menyebabkan seseorang tidur mendengkur, sebagian pendengkur bisa mengalami sleep apnea atau tersumbatnya jalan napas selama beberapa detik. Akibatnya, suplai oksigen ke otak menjadi berkurang. Simak dan beritahu rekan anda mengenai tips-tips cara menghilangkan kebiasaan mendengkur berikut ini.


Inilah 10 tips cara menghilangkan dengkuran di antaranya, adalah:
1. Mengubah posisi tidur
Tidur dalam posisi telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit mulut “turun” ke membran tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara selama tidur, dan itu bisa mengakibatkan seseorang mendengkur. Lebih baik mengubah posisi tidur ke posisi miring atau menyamping, karena hal ini bisa terhindar dari mendengkur.

2. Mengatur pola tidur
Pola tidur yang buruk seperti kebiasaan berkerja lembur sampai berlarut-larut, sehingga kurang tidur bisa membuat tubuh kelelahan. Akibatnya saat tiba waktunya tidur, anda akan memasuki tidur yang dalam dan lama, sehingga otot-otot jadi mengendur dan lemas kemudian memicu dengkuran.

3. Menghindari alkohol
Alkohol menyebabkan otot-otot dalam saluran napas menjadi terlalu santai. Demikian juga halnya dengan obat-obatan penenang dan obat tidur. Jadi untuk menghentikannya, mulai dari sekarang hindari minum alkohol sebelum tidur.

4. Kurangi berat badan
Pada banyak kasus, mendengkur juga dialami oleh orang-orang yang obesitas atau kegemukan. Bila terdapat tumpukan lemak di sekitar leher, diameter tenggorokan akan terdesak sehingga bisa memicu dengkuran. Maka dari itu, mulailah menurunkan berat badan demi menghentikan kebiasaan mendengkur, walaupun banyak juga orang kurus yang tidurnya mendengkur namun bila anda mulai mendengkur ketika tubuh menggemuk, maka mengurangi bobot tubuh akan membantu mengurangi dengkuran.

5. Matikan rokok
Asap rokok membuat jaringan-jaringan baik di tenggorokan maupun hidung mengalami iritasi, sampai bengkak dan menyumbat aliran udara. Dan itu bisa membuat tidur anda mendengkur.

6. Minum air putih
Ketika anda dehidrasi, sekresi di hidung dan langit-langit mulut menjadi lengket. Hal ini bisa menimbulkan seseorang mendengkur saat tidur. Maka dari itu, minumlah air putih secukupnya agar cairan di tubuh anda terpenuhi dan tidak menjadikan dehidrasi.

7. Menggunakan mouthguard
Mouthguard adalah sejenis alat pelindung yang menutupi gigi dan gusi untuk mencegah terjadinya luka pada gigi, rahang, bibir dan gusi. Tetapi menggunakan mouthguard saat tidur juga bisa di lakukan untuk mencegah kebiasaan mendengkur.

8. Posisi kepala
Posisi kepala yang terlalu rendah saat tidur juga bisa menyebabkan kebiasaan mendengkur. Maka dari itu gunakan bantal yang cukup tinggi demi menghentikan kebiasaan mendengkur.

9. Membersihkan bantal
Alergi di kamar tidur dan bantal mungkin berpengaruh pada terjadinya dengkuran. Karena tungau debu (sejenis kutu ukuran sangat kecil) bisa berakumulasi di bantal dan menyebabkan reaksi alergi yang menjadikan mendengkur. Untuk mengurangi alergi di tempat tidur, cucilah bantal anda dan jemur di bawah sinar matahari minimal seminggu sekali. Selain itu, jagalah agar hewan kesayangan tidak tidur satu kamar dengan anda.

10. Operasi
Solusi terakhir yang paling efektif namun butuh biaya relatif mahal adalah operasi. Lakukanlah hal ini jika semua tips yang ada sudah di coba tapi tidak menghasilkan apa-apa.

Itulah 10 tips cara menghilangkan dengkuran yang bisa di lakukan untuk menghentikan dari kebiasaan mendengkur. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

10 Tips Cara Menghilangkan Dengkuran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment