Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

10 manfaat jalan kaki bagi kesehatan – Berbagai referensi seputar penyakit menyebutkan, jalan kaki secara teratur sangat cocok untuk membantu penyembuhan penyakit. Alasannya, paling aman, mudah dilakukan dan banyak manfaat. Dengan berjalan kaki, semua otot di dalam tubuh akan bergerak, membuat aliran darah semakin lancar dan membuat pembuluh darah menjadi aktif bergerak sehingga mampu menurunkan resiko dari berbagai penyakit. Anda pun harus tahu, bahwa jalan kaki santai setidaknya 2-3 km per hari mampu mengatasi berbagai penyakit. Simak manfaat berjalan kaki bagi kesehatan di bawah ini.


Inilah 10 manfaat jalan kaki bagi kesehatan berikut ini
1. Mencegah diabetes tipe 2
Program pencegahan diabetes memperlihatkan, jalan kaki 150 menit per minggu akan mengurangi 7 persen berat badan anda atau sekitar 7 kg. Lebih penting lagi mampu menurunkan penyakit diabetes hingga 58 persen.

2. Memperkuat jantung pria
Dalam sebuah penelitian, tingkat kematian pada pria pensiun yang berjalan kaki kurang dari 1 mil per hari dua kali lebih banyak di banding mereka yang menempuh jarak 2 mil per hari. Aktivitas fisik sangat mempengaruhi kesehatan jantung dan salah satu aktivitas fisik ringan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung adalah berjalan kaki. Dengan rutin berjalan, setidaknya dengan tempo dan jarak yang konstan maka bisa membantu menjauhkan dari serangan penyakit jantung.

3. Memperkuat jantung wanita
Studi yang dilakukan pada 72.488 wanita memperlihatkan, jalan kaki 3 jam per minggu akan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau jenis penyakit jantung lainnya.

4. Baik untuk otak
Dalam studi tentang jalan kaki ditemukan, seseorang yang berjalan 1,5 jam per minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik daripada mereka yang hanya berjalan 40 menit per minggu.

5. Baik untuk tulang
Riset memperlihatkan bahwa seseorang yang berjalan kurang lebih 1 mil per hari memiliki kepadatan tulang lebih baik daripada mereka yang sedikit berjalan kaki, dan jalan kaki sangat efektif untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki.

6. Mengurangi gejala depresi
Jalan kaki selama 30 menit, yang dilakukan 3 sampai 5 per minggu selama 12 minggu, bisa mengurangi gejala depresi. Peneliti menjelaskan, berjalan kaki adalah intervensi yang efektif untuk mengatasi depresi dan efeknya sama ketika seseorang melakukan latihan olahraga yang enerjik.

7. Meningkatkan kebugaran
Jalan kaki 3 kali per minggu selama 30 menit dapat meningkatkan kebugaran dan system pernapasan secara signifikan.

8. Mengurangi resiko kanker
Seseorang yang berjalan secara rutin 65 menit hingga 135 menit per minggu bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara dan kanker kolon hingga 18 persen di bandingkan seseorang yang tidak aktif berjalan kaki.

9. Menurunkan berat badan
Berjalan kaki selama 30 menit setiap pagi atau sore hari akan membantu membakar lemak yang berlebihan pada penderita obesitas. Karena masalah obesitas mudah terserang berbagai penyakit. Jadi jalan kaki adalah salah satu solusi untuk menurunkan berat badan.

10. Baik untuk mata
Berjalan kaki bisa mencegah glaukoma. Glaukoma merupakan penyakit saraf mata yang disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat dan akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga akan mengalami kebutaan. Dengan berjalan kaki maka akan mengurangi tekanan cairan pada bola mata yang menyebabkan glaukoma dan memperlancar aliran darah ke saraf mata.

Itulah 10 manfaat berjalan kaki bagi kesehatan anda. Berjalan memiliki keuntungan yang mudah dilakukan oleh kebanyakan orang karena tidak mengeluarkan biaya sama sekali dan relatif mudah untuk diterapkan dalam kegiatan hidup sehari-hari. Semoga bermanfaat.

10 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment