Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata –Mata merupakan salah satu indera yang paling perlu di jaga agar tetap sehat. Karena mata adalah indera yang paling penting di tubuh bagian kepala kita, ibarat mata adalah jendela dunia. Bila kesehatan mata sudah terganggu, maka daya penglihatan akan menurun dan itu bisa mengganggu aktivitas keseharian anda. Semua orang perlu menjaga kesehatan mata, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Karena jika kita melihat lingkungan sekitar, banyak anak-anak atau orang dewasa sudah memakai kacamata dan sudah pasti penglihatannya sudah terganggu karena kurangnya menjaga kesehatan matanya sendiri. Anda harus tetap waspada untuk menghindari kerusakan mata, maka dari itu simaklah 10 tips menjaga kesehatan mata berikut ini.


Inilah 10 tips menjaga kesehatan mata di antaranya, adalah:
1. Membaca buku
Jika anda gemar membaca buku, usahakan untuk menjaga jarak antara mata dengan buku sekitar 30 cm. Membaca buku dengan jarak yang terlalu dekat atau jauh akan menyebabkan gangguan mata seperti rabun (rabun jauh dan dekat).

2. Menonton Televisi
Ini adalah aktivitas yang sering orang lakukan untuk mencari hiburan, yaitu menonton televisi. Tapi jangan sampai tontonan hiburan televisi ini sampai merusak mata anda karena pancaran radiasi dari layar televisi yang terlalu dekat dengan mata anda. Buatlah jarak sekitar 3 - 5 meter antara mata anda dengan layar televisi.

3. Menggunakan komputer
Jika anda memakai komputer atau pekerjaan anda memang selalu berhubungan dengan komputer, maka beristirahatlah 5 sampai 10 menit setiap 1 jam sekali pemakaian komputer. Agar mata tidak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan.

4. Kontak lensa
Bagi anda yang suka memakai kontak lensa agar lebih memperhatikan kebersihannya. Selalu perhatikan kebersihan tangan saat memakai kontak lensa dan jangan memakai kontak lensa saat tidur. Gunakan cairan kontak lensa yang sesuai dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa dari cairan kontak lensa anda.

5. Menggosok mata
Jangan menggosok atau mengucek mata secara kasar dan berlebihan. Karena ketika mata anda terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara otomatis anda akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar atau berlebihan.

6. Menghindari debu dan polusi
Ketika anda beraktifitas di luar ruangan, misalnya di jalan raya atau di area pabrik, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

7. Kacamata anti-reflectif
Jika anda pengguna kacamata, tambahkan anti-reflectif coating untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat cahaya monitor yang berlebih. Hal ini untuk anda yang sering berkerja dengan selalu berhubungan dengan komputer atau laptop.

8. Mengedipkan mata
Usahakan mengedipkan mata anda dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama. Dalam hal ini, sangat fokus dalam memandang layar monitor ataupun laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas yang berkaitan dengan komputer atau laptop.

9. Mengkonsumsi makanan vitamin A
Mata anda perlu di jaga kesehatannya, antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin A, seperti contoh wortel, tomat, alpukat dan lain-lain.

10. Pemeriksaan mata rutin
Jangan anggap remeh pemeriksaan mata rutin, meski pun anda tidak memakai kacamata. Usahakan untuk memeriksakan kesehatan mata paling tidak 2-3 tahun sekali, walaupun anda tidak memiliki keluhan. Namun jika anda memakai kontak lensa, mengidap diabetes, tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, maka pemeriksaan 1 tahun sekali sangat di anjurkan.

Itulah 10 tips menjaga kesehatan mata yang dapat anda terapkan untuk menghindari mata yang tidak sehat. Jagalah selalu kesehatan mata anda, karena dengan mata kita bisa melihat hal-hal yang indah di dunia ini. Semoga bermanfaat.

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment