Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

10 manfaat tertawa bagi kesehatan – “Tertawalah, sebelum tertawa itu dilarang” kalimat seperti itu sering di jumpai seperti saat sehabis nonton Warkop DKI yang muncul diakhir film, film humor yang bisa membuat kita tertawa. Intinya adalah tertawa itu mudah, tertawa bukan sesuatu hal yang dijadikan mahal, tetapi tertawa membuat kita merasa lega dengan perasaan-perasaan bahagia. Entah itu tertawa karena hal yang benar-benar lucu atau tertawa karena hal yang sederhana. Tapi tahukah anda bahwa tertawa pun mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Simak 10 manfaat tertawa bagi kesehatan berikut ini.


Inilah alasan kesehatan mengapa anda perlu tertawa sesering mungkin:
1. Mengendurkan otot wajahTertawa yang sehat adalah tertawa yang bersumber dari perasaan gembira dan bahagia. Namun tahukah anda bahwa ketika sedang tertawa, otot-otot yang berada disekitar wajah menjadi terstimulasi sehingga secara tidak langsung anda telah melakukan senam wajah yang bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot wajah yang tegang di wajah, dan itu membuat wajah anda tampak segar dan ceria.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Pada saat anda tertawa, maka akan terjadi peningkatan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh anda, terutama jantung dan otak. Karena itulah sebabnya tertawa mampu memperlancar sirkulasi darah anda. Hasilnya, tubuh anda pun akan menjadi sehat dan bugar.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa sering tertawa akan membuat sistem kekebalan tubuh anda meningkat. Dan inilah yang membuat anda akan menjadi lebih kebal terhadap serangan beberapa penyakit ringan seperti batuk dan alergi.

4. Membantu proses penyembuhan
Tertawa di percaya dapat membantu proses penyembuhan terhadap suatu penyakit yang di derita. Karena dengan tertawa ringan, maka peredaran darah dalam tubuh akan menjadi lancar, kadar oksigen dalam tubuh meningkat, serta menormalkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Memompa paru-paru
Pada saat anda tertawa, maka anda memberikan dorongan ke diafragma dan paru-paru. Hal ini akan membuat paru-paru anda terisi dengan oksigen lebih banyak sehingga paru-paru akan menjadi lebih sehat. Selain itu, ketika diafragma terbuka maka pengambilan nafas akan lebih dalam.

6. Meningkatkan daya memori otak
Pada saat anda tertawa, maka anda akan lebih banyak menghirup oksigen dari biasanya, hal ini akan semakin menguatkan sel-sel otak anda. Itulah sebabnya mengapa tertawa dapat membantu anda dalam meningkatkan daya memori otak dan juga ketrampilan motorik anda.

7. Meredakan stress
Ketika tertawa, tubuh akan menghasilkan hormone endorphine yang memberikan rasa nyaman bagi tubuh atau sebagai penenang alami. Dan itulah sebabnya tertawa dapat meredakan stress dan awet muda pada anda.

8. Mengurangi rasa sakit
Tertawa termasuk salah satu cara terbaik untuk meredakan rasa sakit. Tawa aka nmembantu anda dalam menghadapi rasa sakit dengan baik. Tawa juga mampu membantu anda untuk menghadapi rasa takut dan cemas yang datang bersamaan dengan rasa sakit fisik anda.

9. Baik untuk hati
Beberapa penelitian di amerika, menemukan bahwa dengan menonton acara humor di TV yang membuat tertawa dapat meningkatkan 26 persen kolesterol baik dalam tubuh. Penelitian ini juga di lakukan oleh para penderita diabetes, yang berhasil menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan menonton acara humor yang membuat tertawa.

10. Membakar kalori
Dengan tertawa, tanpa di sadari anda akan membakar kalori. Karena tertawa selama 15 menit akan membakar 50 kalori dalam tubuh. Anda tahu akan kelebihan kalori?,itu bisa menyebabkan penyakit jantung. Maka dari itu, dengan anda tertawa dapat membantu membakar atau mengurangi kalori.

Itulah 10 manfaat tertawa bagi kesehatan anda. Maka dari itu banyak-banyaklah tertawa, sebab dengan tertawa anda akan meningkatkan kesehatan anda. Semoga bermanfaat.

10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment