Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Hal Menghindari Insomnia

10 hal menghindari insomnia – Insomnia merupakan gaya hidup yang tidak sehat dan berakibat buruk pada kesehatan, karena jika anda mengalami insomnia di malam hari maka anda akan merasa tidak sehat dan lemas di pagi harinya. Hal ini akan menjadikan tidak fokus dan kurang berkonsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan anda atau kegiatan lain yang anda kerjakan sehari-hari. Masalah insomnia tidak boleh di abaikan begitu saja, karena kurang tidur yang disebabkan insomnia dapat mendatangkan berbagai penyakit seperti depresi, stress, dan sakit kepala. Untuk itu anda perlu menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan insomnia. Simak ulasan berikut ini.

INSOMNIA

Yang perlu anda terapkan dalam 10 hal menghindari insomnia seperti di bawah ini:
1. Menonton televisi
Jangan biasakan diri anda menonton televisi menjelang tidur, karena menonton televisi sembari tidur dapat merusak kualitas tidur anda dam memberi tekanan pada mata yang disebabkan oleh paparan sinar radiasi dari layar televisi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa paparan sinar dari layar elektronik dapat menyebabkan tidur terganggu.

2. Berolahraga
Olahraga adalah kegiatan yang baik untuk untuk kesehatan, tetapi tentu saja tidak melakukan olahraga pada malam hari menjelang tidur. Kegiatan olah tubuh sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh, dan ini akan membuat anda menjadi lebih sulit tidur. Sebaiknya olahraga dilakukan pada pagi atau sore hari.

3. Minum kopi
Minum kopi dimalam hari bisa menjadikan tidur anda akan lebih sulit karena kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi. Faktanya, butuh waktu sekitar 6 jam agar separuh dari kafein yang anda minum itu hilang dari tubuh.

4. Bermain playstation
Bermain playstation atau sejenisnya memang hiburan yang sangat menyenangkan, tapi bermain playstation menjelang tidur akan membuat anda susah untuk tertidur. Anda akan mengalami fokus pada permainan dan menjadikan waktu untuk tidur digunakan bermain. Ini akan menyita waktu tidur anda sampai dengan waktu yang tidak terbatas.

5. Membaca
Kebiasaan membaca buku yang menarik sebelum tidur bisa membuat anda menunda tidur. Akhirnya, anda akan tetap bangun sepanjang malam untuk menyelesaikan buku karena rasa penasaran akan ceritanya. Akibatnya, pada keesokan harinya anda masih terasa mengantuk.

6. Masalah pekerjaan
Menyelesaikan pekerjaan di atas tempat ranjang menjelang tidur mungkin terlihat efisien bagi anda. Namun hal ini bisa merangsang otak yang bisa menyebabkan anda stress dan anda akan mengalami kesulitan tidur.

7. Handphone
Letakkan handphone atau sejenisnya saat menjelang tidur, karena jika anda masih saja memegang handphone tentu saja anda akan melakukan chatting atau bermain game dan itu bisa merusak kualitas tidur anda. Menurut penelitian, kebiasaan yang tidak baik karena cahaya dari layar dapat menghentikan perkembangan melatonin dalam tubuh anda. Melatonin adalah hormone yang membantu anda tertidur di malam hari.

8. Lampu menyala
Lampu menyala pada saat tidur adalah hal yang perlu di hindari, karena pancaran sinar lampu dapat mengganggu kualitas tidur anda dan bisa menyebabkan penyakit. Sebaiknya pada saat anda menjelang tidur, lampu kamar di usahakan untuk padam. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormone melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Jadi, saat anda menjelang tidur sebaiknya memadamkan lampu, karena bisa memberi kesehatan pada tubuh.

9. Mengobrol
Karena padatnya pekerjaan di luar runah, satu-satunya waktu untuk berbicara dengan pasangan adalah menjelang tidur. Namun jika percakapan meningkat menjadi saling beragumen ini menyebabkan banyaknya energi yang harus di keluarkan apalagi di tambah perasaan marah dan ketakutan yang justru menghalangi rasa ingin tidur.

10. Mengemil di malam hari
Cemilan ringan yang ada di kulkas atau di meja makan memang sangat menggoda untuk di jadikan santapan menjelang tidur, tetapi ini adalah kebiasaan yang harus di hindari. Lagipula ngemil larut malam juga dikatakan dapat menyebabkan gastro esophageal reflux disorder (GERD) yang meningkatkan kadar keasaman perut dan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tenang menjelang tidur.

Itulah 10 hal menghindari insomnia yang ada di atas. Hindari hal-hal tersebut agar anda tidak mengalami insomnia dan tidur anda menjadi berkualitas. Semoga bermanfaat.

10 Hal Menghindari Insomnia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment