Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Manfaat Mandi Air Dingin

10 manfaat mandi air dingin – Kebanyakan orang sangat malas mandi dengan air dingin, rata-rata dari mereka pasti lebih memilih mandi dengan menggunkan air hangat. Padahal, mandi air dingin sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh daripada mandi dengan air hangat. Para peneliti menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dapat mengurangi nyeri atau cedera otot setelah latihan olahraga. Temuan ini pun membantah pendapat ilmuwan yang mengatakan bahwa mandi air dingin dapat menegangkan otot-otot tubuh dan dianggap berbahaya. Yang perlu anda ketahui bahwa mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga anda lebih kebal terhadap penyakit. Masih banyak manfaat lain tentang mandi dengan air dingin, simak ulasan berikut ini.


Berikut 10 manfaat mandi  air dingin untuk kesehatan tubuh, yaitu:
1. Meningkatkan sirkulasi darah
Ketika permukaan kulit terkena air dingin, maka pembuluh darah yang ada dibawah permukaan kulit tersebut akan mengkerut. Hal ini menyebabkan darah bersirkulasi dengan dorongan lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi.

2. Meningkatkan Metabolisme
Pada saat tubuh anda disiram air dingin, maka otomatis tubuh anda akan menghasilkan panas yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Proses ini membutuhkan kalori sehingga sistem metabolisme tubuh akan meningkat.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria
Mungkin masih sangat sedikit orang yang mengetahui tentang fakta ini, bahwa mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan pria. Suhu dingin ini mampu meningkatkan hormon testosterone pria. Sedangkan disisi lain, mandi air panas dapat berpotensi menurunkan kualitas sperma.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Saat anda mandi menggunakan air dingin, maka metabolisme tubuh meningkat. Otomatis panas tubuh pun akan meningkat dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.

5. Menyehatkan Pernapasan
Mandi dengan air dingin dapat membantu membuka paru-paru anda. Hal ini akan memperdalam pernapasan anda dan membantu mengurangi kelelahan, sehingga anda pun bisa bernapas lebih baik dan lebih sehat.

6. Mengatasi Insomnia
Untuk anda yang mengalami insomnia pun bisa teratasi dengan mandi air dingin. Sebab, pengidap insomnia diketahui memiliki aktifitas otak yang lebih tinggi daripada mereka yang tak punya gangguan tidur. Mandi air dingin menurunkan suhu prefrontal cortex, yaitu bagian otak yang mendorong untuk tidur lelap. Sehingga otak akan melambat dan mendorongnya untuk beristirahat.

7. Mengatasi Depresi
Mandi dengan air dingin dapat membantu menyembuhkan depresi anda. Suhu dingin ini mempunyai efek untuk mendinginkan otak dan mampu mengurangi depresi anda.

8. Menjaga Kesehatan Pori-Pori
Salah satu dari banyaknya manfaat mandi air dingin yaitu dapat menjaga kesehatan pori-pori. Hal ini menyebabkan air dingin akan membuat pori-pori kulit mengecil dan mencegah anda mengalami iritasi kulit karena membesarnya pori-pori.

9. Meningkatkan Stamina Tubuh
Ketika anda merasa lelah di pagi hari, maka cobalah mandi dengan menggunakan air dingin. Dinginnya suhu air mampu membuat anda lebih merasa semangat dan berenergi. Oleh sebab itu, banyak orang memilih mandi air dingin di pagi hari, karena hal itu dapat membuat mereka lebih bersemangat.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dapat membantu menurunkan berat badan anda. Paparan suhu dingin dapat merangsang produksi lemak cokelat. Lemak ini bermanfaat untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Jadi, jika anda mendengar mitos kesehatan tentang berendam air hangat membantu menurunkan berat badan itu tidaklah benar.

Itulah 10 manfaat mandi air dingin bagi kesehatan tubuh anda. Selain itu, mandi air dingin sudah diterapkan dari jaman dahulu karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

10 Manfaat Mandi Air Dingin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment