Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

10 manfaat jahe bagi kesehatan – Jahe merupakan tanaman herbal dan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bahan bumbu dapur atau sebagai bahan obat. Tanaman jahe yang memiliki rasa dominan pedas ini disebabkan oleh adanya senyawa keton yang bernama zingeron. Manfaat jahe sangat beragam, karena dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan dan menambah sistem kekebalan tubuh agar terhindar terhadap penyakit. Di masyarakat, selain digunakan untuk bahan bumbu dapur,  jahe juga sering di seduh dengan air hangat untuk menghangatkan tubuh. Nah, di artikel kali ini saya akan mengulas khasiat dan manfaat lain jahe bagi kesehatan tubuh. Simak berikut ini.


Berikut 10 manfaat jahe bagi kesehatan tubuh, yaitu:
1. Mengatasi Jerawat
Sebuah penelitian menganjurkan bahwa, untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dianjurkan supaya mengkonsumsi jahe, maksimal 4 gram per hari. Karena jika di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti diare, iritasi perut dan mual. Anda pun tahu, mengkonsumsi apapun secara berlebihan itu tidak baik.

2. Mengobati Sakit Perut
Jika anda sedang mengalami sakit perut, jahe akan menjadi obat alami yang dapat membantu anda dalam menyembuhkan sakit perut karena kandungan sifat analgesic di dalam jahe.

3. Menyehatkan Pencernaan
Jahe banyak dimasukkan sebagai bumbu ke dalam makanan yang penuh dengan rempah-rempah. Sebab jahe dapat membersihkan usus besar, membersihkan perut dari gas serta meningkatkan produksi cairan dalam pencernaan.

4. Memberi Energi Tambahan
Kandungan senyawa yang dimiliki oleh jahe ada yang bersifat anti-inflamas yang baik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi air jahe di pagi hari mampu menyegarkan tubuh dan menghidupkan kembali energi anda.

5. Mencegah Kanker
Jahe atau ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker seperti mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, sel kanker paru-paru dan kanker usus besar.

6. Mencegah Perut Buncit
Mengkonsumsi jahe sebelum makan bisa mencegah anda mengalami perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe dapat melancarkan metabolisme dan juga pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Jahe memiliki kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormone adrenalin. Oleh karena itu, darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah anda.

8. Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi juga untuk melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu, jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan jahe setiap hari sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh.

9. Mengatasi Keracunan
Jahe mempunyai kandungan yang bisa mengurangi kadar racun di dalam tubuh yang dikarenakan makanan atau obat. Minumlah seduhan air jahe untuk mengatasi keracunan dalam tubuh.

10. Mengatasi Nyeri Haid
Bagi kebanyakan wanita tentu saja akan merasakan nyeri saat datang bulan, dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan dalam jahe bisa mengurangi nyeri dan ini sama efektifnya dengan asam mefenamic dan ibuprofen dalam mengurangi nyeri haid.

Nah, itulah 10 manfaat jahe bagi kesehatan anda. Begitu banyak manfaat dan khasiat jahe untuk tubuh, dan anda bisa mengkonsumsi dalam keseharian anda di waktu pagi, sore dan malam hari. Dan yang terpenting anda tidak mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan karena bisa berakibat buruk. Mengkonsumsi apapun secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini membantu pengetahuan dan bermanfaat untuk anda.

10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dhanie Bassroin

0 comments:

Post a Comment