Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Makanan Pelawan Stres

10 makanan pelawan stres – Ada banyak cara untuk memerangi stres, salah satu cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan pelawan stres. Sebagian dari kita banyak yang sibuk karena masalah pekerjaan, sehingga bisa membuat stres. Mungkin stres dengan resiko tingkat rendah tidak bermasalah, tetapi jika terus-menerus mengalami stres maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Sehingga akan berdampak buruk juga di dalam suasana hati dan mengganggu aktifitas keseharian anda. Terlalu banyak atau stres berkepanjangan bahkan dapat menyebabkan datangnya penyakit seperti tekanan darah tinggi, gangguan memori, osteoporosis, penyakit jantung koroner dan melemahnya sistem kekebalan tubuh anda. Mengkonsumsi makanan pelawan stres, berolahraga secara teratur dan berlatih yoga dapat membantu anda mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood anda tanpa ketergantungan pada obat. Maka dari itu, di artikel kali ini saya akan mengulas tentang makanan yang baik untuk melawan stres. Mari simak di bawah berikut ini.


Inilah 10 makanan pelawan stres diantaranya, yaitu:
1. Beras Merah
Beras merah merupakan sumber yang sangat baik karena mengandung vitamin B yang sangat penting untuk semua jaringan sel dan organ. Vitamin B dapat menambah kekuatan jantung, kekebalan tubuh, kesehatan otak serta suasana hati yang sehat. Makan beras merah dapat membantu anda mengatasi stres dan mencegah berbagai jenis gangguan suasana hati.

2. Susu
Telah terbukti bahwa orang yang minum susu setiap hari secara teratur dapat mengurangi risiko mengalami stres. Susu kaya akan kalsium, vitamin A, D, protein dan anti-oksidan yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas ketika anda mengalami stres. Segelas susu skim hangat dapat membantu anda menenangkan diri dalam waktu singkat. Jika anda menderita stres yang berhubungan dengan insomnia, maka cobalah minum segelas susu hangat menjelang tidur dan anda akan mengalami tidur yang lebih baik. Ada banyak pilihan selain susu, anda bisa memilih yogurt atau susu almond.

3. Bayam
Bayam mengandung vitamin A, C, B dan kaya akan kalium, kalsium, fosfor dan magnesium yang dapat membantu mengurangi hormone stres dalam tubuh anda. Menstabilkan suasana hati anda dan membuat anda jadi merasa lebih baik. Satu gelas jus bayam cukup untuk membantu tubuh anda melawan stres.

4. Almond
Makanan yang dapat mengurangi stres berikutnya adalah almond. Almond mengandung vitamin E, B2, zinc, magnesium dan minyak sehat. Selain itu, almond merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Jadikan almond ini sebagai camilan anda, karena kandungan didalamnya mampu meningkatkan energy dan mengurangi hormon stres anda.

5. Ikan Salmon
Ikan salmon adalah makanan super bergizi yang kandungannya bekerja lebih baik di dalam tubuh anda. Kandungan tinggi asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan zat di dalam otak menjadi bahagia seperti serotonin yang membantu mengatur hormon stres di dalam tubuh. Cobalah makan 2 sampai 3 porsi salmon per minggu untuk mengurangi tingkat stres anda. Jika anda tidak bisa mendapatkan salmon, memilih ikan lain seperti sarden, tuna mackerel pun bisa menjadi pilihan anda.

6. Cokelat Hitam
Mengkonsumsi cokelat hitam setiap hari pun dapat menurunkan tingkat hormon stres pada orang yang mengalami stres berat, asalkan dalam mengkonsumsinya tidak berlebihan. Jika anda mengalami stres cobalah untuk makan beberapa lapis coklat hitam, hal ini akan mengurangi tingkat stres anda dan meningkatkan suasana hati anda.

7. Teh Hijau
The hijau mengandung anti-oksidan seperti polifenol, catechin dan flavonoid yang menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Minum teh hijau bisa berefek menenangkan pikiran dan tubuh sehingga dapat membantu mengurangi stres. Jika anda sedang mengalami stres, maka beristirahatlah sebentar dari aktifitas sambil menikmati secangkir teh hijau dan hindari rokok dan minuman beralkohol.

8. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C, A dan vitamin B yang dapat membantu melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stres dan penyakit jantung. Cobalah untuk meminum satu gelas jus jeruk setiap hari untuk membantu mengurangi hormone stres di tubuh.

9. Alpukat
Salah satu makanan terbaik untuk memerangi stres adalah buah alpukat. Alpukat merupakan sumber protein, mineral esensial, vitamin E dan C. alpukat juga mengandung kalium dan serat yang baik untuk tubuh. Kandungan alpukat dapat membantu menjaga sel-sel saraf dan sel-sel otak tetap sehat dan membantu mengurangi tingkat stres anda. Selain itu, juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mengurangi risko penyakit jantung.

10. Blueberry
Blueberry merupakan salah satu buah yang kaya akan anti-oksidan yang baik untuk membantu anda melawan stres. Blueberry juga banyak mengandung vitamin E, C, dan magnesium yang membantu dalam menurunkan tingkat stres.

Stres bisa menganggu aktifitas keseharian anda, dan yang terpenting adalah anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Salah satunya dengan memakan makanan sehat seperti diatas dan jangan lupa imbangi dengan berolahraga setiap hari. Semoga informasi 10 makanan pelawan stres diatas bermanfaat untuk mengurangi stres anda.

10 Makanan Pelawan Stres Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dhanie Bassroin

0 comments:

Post a Comment