Cara mengobati penyakit secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan beberapa manfaat herbal serta tips-tips kesehatan bagi tubuh

10 Manfaat Berenang Bagi Tubuh

10 manfaat berenang bagi tubuh – Berbanggalah untuk anda yang gemar melakukan olahraga berenang, karena olahraga ini memberi banyak manfaat sehat bagi tubuh. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa renang dapat membantu meningkatkan denyut jantung dan juga aliran darah, tetapi selain itu olahraga ini ternyata memberi lebih banyak manfaat lain bagi kesehatan seluruh tubuh. Untuk anda yang jarang melakukan olahraga renang, mulailah rutin melakukan olahraga renang ini, karena akan memberi banyak manfaat untuk tubuh anda. Jadi bagi anda yang tidak tahu manfaat berenang, dengan membaca artikel ini anda akan mengerti sekaligus menambah pengetahuan dan mungkin anda bisa berbagi pengetahuan tentang manfaat ini ke orang sekeliling anda. Simak berikut ini tentang beberapa manfaat berenang bagi kesehatan tubuh.


Inilah 10 manfaat berenang bagi tubuh, diantaranya:
1. Melancarkan Saluran Pernapasan
Berenang memungkinkan anda untuk beraktifitas fisik di udara lembab pada saat berada di kolam renang. Olahraga ini dapat mengurangi risiko asma karena berenang harus mengendalikan pernapasan dan meningkatkan fungsi paru-paru anda sehingga pernapasan pun menjadi lebih sehat.

2. Membentuk dan Membangun Kekuatan Otot
Berenang tidak hanya menguatkan otot lengan dan punggung saja, tetapi otot-otot di seluruh tubuh juga ikut terbentuk. Hal ini akan menghindarkan anda dari cedera otot yang disebabkan oleh latihan berat seperti angkat beban dan latihan yang memberikan beban berlebihan pada otot.

3. Memperkuat Jantung
Berenang merupakan latihan aerobik yang baik karena melibatkan kontrol napas yang lebih banyak dibandingkan dengan berjalan, sehingga akan lebih banyak  membutuhkan oksigen, dan hal ini akan membuat otot-otot bekerja lebih keras. Ini akan membuat kekuatan jantung lebih baik.

4. Menurunkan Berat Badan
Sebuah studi menunjukkan bahwa berenang selama satu jam dengan intensitas sedang dapat membakar 500 kalori. Otomatis ketika berenang seluruh tubuh anda akan ikut bergerak, dan hal ini akan membantu anda dalam mengatasi obesitas.

5. Menjadikan Otot Lebih Fleksibel
Pada saat berenang, bagian dari tangan sampai kaki akan selalu bergerak dan ini dapat membangun otot serta meningkatkan metabolism tubuh. Hal ini akan menjadikan otot-otot lebih fleksibel.

6. Menghindarkan Resiko Stress
Berenang dapat meningkatkan rasa tenang dan seperti olahraga yoga yang memberikan rasa relaksasi. Renang juga melepas hormon endhorpin yang dapat memberikan rasa yang nyaman, sehingga anda terhindar dari resiko stress dan depresi.

7. Membakar Lemak di Daerah Paha
Berenang yang di kombinasikan dengan aerobik air dapat membantu anda untuk membakar timbunan lemak yang berada di daerah paha dan sekitarnya.

8. Mengurangi Resiko Cedera
Berenang adalah jenis olahraga yang ramah terhadap pemulihan cedera otot dan tepat untuk membangun kekuatan kembali. Tubuh yang cedera mungkin belum siap untuk memulai olahraga seperti berjalan, sehingga berenang adalah jalan alternatif yang bagus untuk pemulihan cedera.

9. Memperkuat Tulang
Pada saat anda berenang dan terapung, maka anda seperti mengalami gravitasi nol. Seakan-akan anda seperti melawan gravitasi sehingga tulang anda pun menjadi kuat.

10. Memperbaiki Postur Tubuh
Postur tubuh yang bagus terjadi saat tubuh mempunyai otot yang kuat dan timbunan lemak yang sedikit di tubuh. Dengan berenang maka anda bisa melakukan hal tersebut.

Itulah 10 manfaat berenang bagi tubuh yang akan anda alami ketika berenang. Beberapa informasi di atas tentang manfaat berenang bagi kesehatan tubuh hanyalah sebagian dari gambaran umum. Berenang memberikan manfaat bagi semua orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan tentang manfaat berenang bagi kesehatan.

10 Manfaat Berenang Bagi Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment